Advertisement

Sempat Sakit, Jemaah Haji asal Kulonprogo Akhirnya Diberangkatkan ke Tanah Suci

Andreas Yuda Pramono
Senin, 12 Juni 2023 - 14:27 WIB
Arief Junianto
Sempat Sakit, Jemaah Haji asal Kulonprogo Akhirnya Diberangkatkan ke Tanah Suci Ibadah haji. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Salah satu jemaah calon haji asal Kulonprogo yang sempat jatuh sakit ketika berada di Embarkasi Solo (SOC) akhirnya tetap diberangkatkan ke Tanah Suci, Sabtu (10/6/2023). 

Jemaah bernama Mujiman dari kloter 49 SOC tersebut telah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui kloter 57 SOC.

Advertisement

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, Wahib Jamil mengatakan Mujiman sempat dirawat di RS Muwardi, Solo. Setelah cukup sehat, Mujiman kemudian diberangkatkan melalui kloter 57 SOC dan telah tiba di Arab Saudi pada Minggu (11/6/2023). 

“Sebanyak 267 jemaah calon haji Kulonprogo telah sampai di Tanah Suci. Bahkan jemaah calon haji kloter 49 SOC telah melakukan ibadah umrah. Terkait dengan Pak Mujiman yang sempat dirawat di RS Muwardi juga telah sampai di Arab Saudi hari Minggu kemarin,” kata Wahib, Senin (12/6/2023).

Wahib menjelaskan bahwa sampai saat ini, Mujiman masih berada di kloter 57 SOC. Hal tersebut disebabkan karena kloter 49 SOC penuh akibat adanya mutasi masuk jemaah kloter 34 SOC asal Brebes dan belum adanya tanazul.

Setelah kloter 49 SOC tiba di Arab Saudi pada Jumat (9/6/2023), tidak lama berselang kloter 52 SOC juga tiba sekitar pukul 21.10 waktu setempat. Begitu pun dengan jemaah kloter 54 SOC yang berjumlah empat orang tiba sehari setelahnya.

BACA JUGA: Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci Mencapai 43 Orang

Sementara itu, Ketua kloter 49 SOC, Mulyono mengatakan bahwa setelah kloter 49 SOC sampai di Jeddah, Arab Saudi, terdapat sekitar satu jam pemeriksaan di bandara. 

“Barulah pada pukul 10.30 WAS, rombongan menuju hotel di Mekkah, Afaq Al Mashaer, sektor 7 Roudloh. Pukul 13.00 WAS, rombongan sampai di hotel. Kondisi jemaah 95 persen sehat. Baru malam hari sekitar jam 22.00 WAS, jemaah kloter 49 melaksanakan umrah wajib,” kata Mulyono dalam keterangan tertulis.

Mulyono menambahkan bahwa perjalanan jauh hingga sampai di Arab Saudi memaksa 5% dari jumlah jemaah haji kloter 49 SOC untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan ibadah sesuai agenda yang telah dijadwalkan. Hal tersebut beralasan, karena jemaah asal Kulonprogo telah menempuh perjalanan jauh untuk sampai di Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement