Advertisement

Kaisar Jepang Naruhito Meneruskan Pesan Sultan HB X Soal Aerotropolis

Triyo Handoko
Kamis, 22 Juni 2023 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Kaisar Jepang Naruhito Meneruskan Pesan Sultan HB X Soal Aerotropolis Juru bicara kunjungan Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia, Shiojiri Kojiro saat menjelaskan kunjungan Kaisar ke Jogja, Rabu (22/6 - 2023). / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kaisar Jepang Naruhito berkunjung ke DIY pada Rabu (21/6/2023) hingga Kamis (22/6/2023). Saat memenuhi undangan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X di Kraton, Rabu malam, Naruhito dititipi pesan untuk memastikan kerja sama Pemda DIY dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) terkait dengan proyek kota bandara atau aerotropolis.

Juru Bicara Kunjungan Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia, Shiojiri Kojiro, yang turut hadir dalam pertemuan di Kraton menyebut Sultan HB X berharap JICA terus membantu proyek pembangunan aerotropolis di Kulonprogo. “Ada yang disampaikan terkait aerotropolis saat makan bersama, ini akan kami sampaikan ke pihak-pihak terkait khususnya Kedutaan Jepang di Jakarta,” katanya, Rabu malam.

Advertisement

BACA JUGA: Tak Kantongi Izin Penggunaan Tanah Kas Desa, Maguwoharjo Football Park Ditutup

Pertemuan Sultan dan Naruhito, jelas Shiojiri, berlangsung ramah dan hangat. “Kami sangat tersanjung dengan kehangatan Sultan beserta keluarganya di mana saat makan bersama juga dihadiri lima putrinya juga, kami merasa sangat disambut dengan baik,” jelasnya.

Shiojiri juga menyebut permintaan kerja sama juga datang dari Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono. “Saat di Balai Teknik Sabo saya dengar Menteri Basuki juga meminta melanjutkan kerja sama terkait dengan Balai Sabo tersebut, kami tak punya kewenangan lebih tapi akan kami sampaikan ke pihak-pihak terkait,” terangnya.

Balai Teknik Sabo, lanjut Shiojiri, telah menghasilkan penelitian yang dapat dinikmati di berbagai tempat. “Hasil penelitian Balai Teknik Sabo sudah dinikmati berbagai negara seperti Filipina, Bangladesh, Pakistan, hingga Papua Nugini. Pengelolaannya sekarang sudah tenaga ahli Indonesia semua, artinya perkembangan SDM sudah sangat pesat di sini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Boalemo Gorontalo

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement