Advertisement

Jelang Iduladha, Perajin Besek di Sewon Banjir Orderan

Hadid Husaini
Minggu, 25 Juni 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Jelang Iduladha, Perajin Besek di Sewon Banjir Orderan Ponijan, pengusaha besek asal Pedukuhan Kaliputih, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Bantul. - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Permintaan besek di salah satu perajin di Pedukuhan Kaliputih, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, meningkat, khususnya jelang Iduladha. Perajin besek, Narimo Sugito menyampaikan peningkatan tersebut menjadi rejeki tersendiri baginya. 

“Alhamdulilah jadi agak punya duit. Ini kebetulan juga bertepatan mau Iduladha. Saya sih enggak ada target berapa, tetapi maksimal kalau diniati bisa 15-20 biji setiap hari,” kata dia, Minggu (25/6/2023).

Advertisement

Dia menjual beberapa ukuran besek per biji mulai dari yang Rp9.000 untuk ukuran besar, Rp7.000 untuk ukuran tanggung, dan Rp3000 untuk ukuran kecil. Besek-besek itu ia jual dengan model diikat mulai dari 15 hingga 20 biji.

Mbah Gito, sapaan akrabnya, menyampaikan menjelang Iduladha, dia lebih banyak menerima ukuran kecil karena lebih banyak digunakan untuk mengemas daging. Dia menggarap usaha besek bersama sang suami.

Selain itu, dia juga menampung besek yang sudah jadi dari pengrajin lainnya. Meskipun begitu dirinya mengaku pembeli rata-rata pembeli masih berada di sekitar lingkungan Kelurahan Pendowoharjo saja. “Menganyam sendiri, terkadang juga menampung,” katanya.

BACA JUGA: Cerita Perajin Desa Wisata Krebet Belum Pulih Akibat Pandemi

Sayangnya, keterbatasan tenaga membuatnya tak bisa menerima semua orderan yang masuk. 

Suami Gito, Ponijan pun senang dengan banyaknya pihak yang sekarang lebih menggunakan besek daripada plastik untuk mengemas daging. “ Sekarang pakai besek dan ga pake plastik. Saya enggak menyangka banyak pesanan yang makin meningkat,” katanya.

Dia mengungkapkan usaha beseknya dijalankan sudah sejak lama tetapi sebelum menekuni usaha besek dirinya menjalankan usaha pembuatan kukusan yang berfungsi untuk menanak nasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement