Advertisement

Sepi Peminat, Tiga SMA di DIY Ini bakal Dievaluasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 26 Juni 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Sepi Peminat, Tiga SMA di DIY Ini bakal Dievaluasi PPDB Online - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan mengevaluasi tiga SMA di DIY yang daya tampung siswanya tidak terpenuhi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023. 

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya menyampaikan SMAN 1 Kokap dan SMAN 1 Samigaluh, di Kulonprogo dan SMAN 1 Rongkop di Gunungkidul daya tampungnya belum terpenuhi. Dia menyampaikan daya tampung sekolah tersebut tidak terpenuhi karena kekurangan lulusan SMP di sekitar sekolah tersebut. 

Advertisement

“Sekarang kan lulusan SMP di sana [di wilayah sekitar tiga SMAN tersebut] mungkin kurang, kebetulan tempatnya juga di atas, dan di perbatasan,” katanya saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Senin (26/6/2023). 

Dia menyampaikan untuk SMAN 1 Samigaluh daya tampung yang tidak terpenuhi mencapai 78 siswa, atau mencapai dua kelas. Menurut Didik, letak sekolah yang berada di dataran tinggi menjadi salah satu kendalanya, sehingga calon peserta didik yang berada di sekitar sekolah tersebut lebih memilih sekolah dengan lokasi menuju dataran rendah. 

“Untuk SMAN 1 Samigaluh, karena mungkin rata-rata anak-anak kalau bisa turun [sekolah dengan lokasi di dataran yang lebih rendah] kan turun. Kan ada tiga pilihan sekolah, mungkin memilih sekolah yang dibawah itu bisa jadi, karena itu sekolahnya di atas,” katanya. 

BACA JUGA: Kuota PPDB Jalur Afirmasi SMA Jogja Belum Terpenuhi, Disdikpora Bakal Buka Pendaftaran Lagi

Kemudian untuk SMAN 1 Rongkop, menurut Didik belum terpenuhinya daya tampung sekolah disebabkan letak sekolah yang berada di perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah, sehingga peserta didik yang mendaftar di sekolah tersebut pun lebih banyak dari dari Jawa Tengah. 

“Kalau di Rongkop itu sekolah di perbatasan, mungkin anak-anak dari Jateng banyak yang masuk di sana, karena perbatasan dengan Wonogiri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 41 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement