Advertisement

Wuih! Mortir Aktif Ditemukan Di Dekat Kantor Bupati Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 26 Juni 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Wuih! Mortir Aktif Ditemukan Di Dekat Kantor Bupati Gunungkidul Mortir aktif yang ditemukan dalam proyek pemerataan lapangan di Alun-Alun Wonosari, Senin (26/6/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah mortir aktif peninggalan zaman perang ditemukan dalam proses pemerataan lapangan Alun-Alun Wonosari, Senin (26/6/2023). Temuan ini menghebohkan pegawai pemkab karena lokasi penemuan tepat berada di depan Kantor Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Salah seorang pegawai di lingkup Pemkab Gunungkidul, Purwanto mengatakan temuan mortir aktif sempat menjadi perhatian masyarakat. Setelah mendengar informasi tersebut dia langsung mendatangi lokasi untuk melihat.

Advertisement

“Saya termasuk yang ketinggalan karena saat datang sudah mau selesai. Tapi memang ada temuan mortir aktif yang diduga peninggalan saat perang,” katanya, Senin sore.

Menurut dia, mortir temuan sudah diamankan oleh tim penjinak bom dari Polda DIY. “Kalau sekarang kondisinya sudah kembali normal,” katanya.  

BACA JUGA: Warga Gunungkidul Temukan Mortir Aktif di Aliran Kali Oya

Kanit Samapta Polsek Wonosari AKP Suwarno mengatakan,  penemuan ini berada di tengah lapangan. Saat ini ada proyek penataan alun-alun dengan meratakan tanah di lapangan.

Mortir ditemukan di kedalaman sekitar 20 sentimeter saat pengerukan tanah. Curiga dengan benda berbentuk peluru ini, pekerja melaporkan ke Polsek Wonosari, sekitar pukul 11.30 WIB.

“Kami langsung mendatangi lokasi dan berkoordinasi tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak), Brimob Polda DIY. Hasil pemeriksaan, mortir dinformasikan masih aktif,” katanya.

Dia menjelaskan, mortir memiliki panjang 20 cm dengan diameter sekitar 7 cm. Kondisinya pun masih cukup bagus, meski sudah ada bekas karatan. “Sudah diamankan dan nantinya akan dimusnahkan. Bagi warga yang menemukan benda-benda mencurigakan bisa melaporkan ke polsek untuk diamankan,” kata dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, adanya temuan mortir di area pemerataan lapangan di alun-alun sempat menghentikan proyek pengerjaan. Meski demikian, setelah mortir diamankan, pengerjaan kembali diteruskan. “Sudah selesai pengamanannnya sehingga pengerjaan bisa dilanjutkan. Untuk mortir yang ditemukan hanya satu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement