Advertisement

Tertangkap! Ini Pengakuan Pengemis Pura-pura Lumpuh di Hadapan Polisi

Yosef Leon
Senin, 10 Juli 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Tertangkap! Ini Pengakuan Pengemis Pura-pura Lumpuh di Hadapan Polisi Pengemis pura-pura lumpuh tertangkap kamera CCTV. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polsek Gedongtengen mengamankan AGP, 50, warga Banguntapan, Bantul yang sehari-hari beraktivitas sebagai pengemis di Jalan Pasar Kembang. Dia diduga berpura-pura lumpuh untuk menarik simpati masyarakat dan pengunjung sekitar.

Videonya yang diperoleh dari rekaman CCTV sekitar lokasi bahkan viral di sosial media. Salah satunya diunggah di akun Instagram @merapi_uncover dan terlihat AGP sedang mengenakan pakaian berwarna gelap menyeberang dari arah selatan Jalan Pasar Kembang dan mengemis di area trotoar. 

Advertisement

Unit Reskrim dan Unit Binmas Polsek Gedongtengen Polresta Jogja pun menindaklanjuti kejadian itu dengan mengamankan AGP. Warga Banguntapan itu memanfaatkan kedermawanan orang dengan berpura-pura sebagai orang lumpuh di pinggir trotoar.

BACA JUGA : Pengemis Berpura-pura Lumpuh di Stasiun Tugu Jogja

Kepala Seksi Humas Polsek Gedongtengen Aiptu Purwanto menjelaskan, pengemis ini berhasil diamankan berkat laporan dari seorang warga setempat yang memiliki rekaman CCTV yang membuktikan aktivitasnya.

Dalam rekaman tersebut, AGP terlihat berjalan kaki menuju lokasi kemudian duduk dan mengemis dengan gaya berpura-pura lumpuh. Pada siang harinya, seorang datang dengan sepeda motor untuk menjemputnya. Tampak AGP berdiri dan berlari menuju sepeda motor tersebut sebelum pergi dari lokasi. 

"Warga sekitar sudah sering menjumpai AGP berpura-pura lumpuh demi mendapatkan belas kasihan," jelasnya, Senin (10/7/2023). 

Setelah mendapatkan laporan dan bukti yang jelas, petugas segera mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berhasil mengamankan AGP ketika ia sedang mengemis kepada para pejalan kaki. Ia kemudian digelandang ke Mapolsek Gedongtengen untuk didata dan diperiksa lebih lanjut oleh petugas.

Saat diinterogasi, AGP mengaku berusia 50 tahun dan merupakan warga Banguntapan, Bantul. Ia juga mengakui perbuatannya berpura-pura lumpuh hanya untuk mendapat simpati dan belas kasihan dari pengunjung di sekitar lokasi dan memperoleh sejumlah uang. 

"AGP kami berikan pembinaan serta diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya di masa mendatang," katanya. 

BACA JUGA : Viral Video Pengemis Pura-pura Lumpuh di Jalan Pasar Kembang Stasiun Tugu Jogja

Aiptu Purwanto juga berharap kepada masyarakat dapat lebih waspada terhadap pengemis yang memanfaatkan belas kasihan demi kepentingan pribadi. Masyarakat diimbau untuk menyumbang pada instansi dan lembaga sosial lain yang terpercaya agar lebih tepat sasaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Harga Pangan 2 Mei: Komoditas Beras dan Bawang Putih Naik

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement