Advertisement

Baznas Jogja Buka Layanan Kesehatan Gratis untuk Cegah Stunting

Triyo Handoko
Minggu, 23 Juli 2023 - 21:47 WIB
Sunartono
Baznas Jogja Buka Layanan Kesehatan Gratis untuk Cegah Stunting Ilustrasi penanganan stunting. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jogja membuka layanan rumah sehat. Rumah Sehat Baznas ini dapat digunakan untuk pemeriksaan kesehatan dan tak dipungut biaya alias gratis.

Rumah Baznas Jogja ini juga diharapkan dapat berkontribusi menangani stunting atau kekurangan gizi kronis pada anak-anak. Masyarakat Jogja yang dapat mengakses Rumah Sehat Baznas ini berjumlah 27.570 dimana seluruhnya berstatus mustahik.

Advertisement

Kepala Baznas DIY Dina Arisoningtyas menjelaskan khusus penanganan stunting pihaknya juga akan memberikan pendampingan. “Setelah terdiagnosis lalu akan dilakukan pemberian asupan makanan tambahan berupa gizi yang dibutuhkan seperti telur, daging, dan lainnya,” katanya, Minggu (23/7/2023).

BACA JUGA : Duh, Masih Ada Warga Menolak Pendampingan Stunting

Penanganan bagi anak dengan stunting, jelas Dina, juga akan dilakukan secara komprehensif dengan pengawasan rutin tiap bulan sekali. “Pengawasan dilakukan dengan mengukur berat dan tinggi badan dan parameter lain serta tambahan asupan gizi tadi,” jelasnya.

Baznas Jogja, lanjut Dina, turut memberikan edukasi masalah stunting bagi masyarakat luas melalui rumah sehat tersebut. “Selain stunting, kami juga memberikan layanan kepada lansia dengan program Omah Cegah Dimensia,” ujarnya.

Dina menjelaskan program Omah Cegah Dimensia juga tersebar di empat kabupaten lain di DIY. “Progrmanya banyak dan dikolaborasikan dengan berbagai pihak, termasuk badan wakaf lain,” tuturnya.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Siadah Sakwan menyebut Rumah Sehat Baznas tersebar di berbagai daerah lain di Indonesia. “Dana zakat diimplementasikan untuk memastikan mustahik memiliki akses yang memadai ke pelayanan kesehatan, termasuk pemeriksaan medis, perawatan, pengobatan, dan lainnya,” katanya dalam keterangan tertulisnya.

Saidah menjelaskan stunting sebagai salah satu masalah yang jadi prioritas Baznas RI karena bagian dari program prioritas pemerintah. “Dengan mencegah stunting generasi mendatang akan lebih sehat, cerdas, dan produktif sehingga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Investasi Asing di IKN Terus Digenjot, Mulai Finlandia, AS Hingga Korsel

News
| Minggu, 24 September 2023, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Destinasi Unik, Kuil Buddha Ini Dibangun dengan Jutaan Botol Bir

Wisata
| Sabtu, 23 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement