Advertisement

Bazar UMKM Jempolan Pamerkan Produk Unggulan Bantul

Media Digital
Minggu, 23 Juli 2023 - 19:27 WIB
Hadid Husaini
Bazar UMKM Jempolan Pamerkan Produk Unggulan Bantul Tari reog yang ditampilkan di sela-sela kegiatan Bazar UMKM Jempolan, Minggu (23/7/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) menggelar Bazar UKM Jempolan di Pasar Seni Gabusan (PSG) pada Minggu (23/7/2023). Di ajang itu, puluhan produk UKM unggulan dipamerkan.

Acara tersebut bertepatan juga dengan berbagai peringatan sejumlah hari penting di tingkat nasional, yakni Hari UMKM dan Hari Koperasi. Selain itu, Bazar UKM Jempolan juga digelar sebagai rangkaian Hari Jadi ke-192 Kabupaten Bantul.

Advertisement

Kepala Bidang Usaha Mikro DKUKMPP Bantul, Dendi Sulistyo Wibowo menyampaikan rangkaian acara tersebut terselenggara atas kolaborasi dengan berbagai pihak. “Ini menjadi awal sebelum digelarnya Bantul Creative Expo pada 27 Juli hingga 6 Agustus mendatang,” kata dia, Minggu.

Berbagai acara digelar dengan meriah dengan berbagai macam pilihan aktivitas yang dirancang untuk mendorong promosi UKM Bantul tersebut yang dikemas dalam konsep festival mulai dari fashion show yang menghadirkan desainer lokal hingga lomba mewarnai yang dilakukan oleh ratusan anak-anak.

BACA JUGA: Untuk Pemulihan Ekonomi, 20 UMKM di Jogja Dapat Bantuan

Berbagai jenis produk UKM di Bantul yang sudah terkurasi tersebut terdiri dari jenis kriya, kuliner, obat jamu, hingga pakaian. Dendi menyebut antusiasme masyarakat dalam dua hari berjalanya event tersebut disambut dengan antusias dengan banyaknya produk yang terjual. “Dalam Bazar UMKM Jempolan ada 80 UMKM yang sudah terkurasi. Dan yang terseleksi ada 40 UMKM, sudah lengkap dari seluruh produk ,” kata dia.

Bahkan Dendi menyampaikan kegiatan tersebut berkolaborasi juga dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul dengan menghadirkan tarian tradisional Reog untuk menyedot antusias masyarakat.

Menurut dia, produk kerajinan mendapat perhatian khusus dengan meletakkannya di depan pintu masuk Bazar UMKM Jempolan. Hal tersebut lantaran produk kriya tersebut merupakan ikon produk yang menjadi unggulan Kabupaten Bantul saat ini yang sebelumnya diangkat dalam upaya mendatar sebagai Jaringan Kota Kreatif Dunia (UCCN) dengan kategori craft and folk art.

Pasar Lebih Luas

Meskipun dalam Bazar UMKM Jempolan lebih mengedepankan promosi di tingkat lokal, DKUKMPP Bantul, kata dia, tetap berupaya meningkatkan promosi di tingkat nasional dan internasional.  “Kami beberapa kali menangkap pangsa internasional sampai menjembatani buyer dari luar negeri kita ikuti pameran level nasional dan internasional,” ujar dia.

Sementara itu Pengusah Produk Patung Mini, Nanang menyampaikan sebelumnya dirinya sering mengikuti beberapa bazar yang di gelar di berbagai tempat. Tetapi untuk di Bantul, dirinya mengaku baru pertama kali. "Dengan adanya bazar ini meningkatkan kreativitas kerajinan syukur-syukur bisa produsen kerajinan," ujar Nanang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Bus di Subang, Korban Meninggal Dunia 11 Orang

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement