Advertisement

Junction Tol Jogja-Solo Trihanggo Digarap Mulai Bulan Ini, Pembangunan At Grade Didulukan

Catur Dwi Janati
Minggu, 23 Juli 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Junction Tol Jogja-Solo Trihanggo Digarap Mulai Bulan Ini, Pembangunan At Grade Didulukan Seorang penumpang kembali masuk ke dalam kendaraan setelah berhenti sejenak di Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek tol Jogja-Solo seksi 2.2B pada ruas junction Sleman-Trihanggo mulai digarap bulan ini.

Project Director PT. Adhi Karya, Oka Chandra Sukmana yang menangani pengerjaan tol pada seksi 2.2B menerangkan bila penggarapan tol pada ruas ini telah dimulai. Titik penggarapannya dilakukan mulai ujung ruas tol Jogja-Bawen yakni di sekitar Tirtoadi hingga nantinya mengarah ke wilayah Trihanggo. 

Advertisement

Pada ruas seksi 2.2B ini, tipe konstruksi tol at grade membentang dari wilayah Tirtoadi sampai area Trihanggo sebelum Ring Road. Sementara itu, penggarapan tol di area Ring Road akan dibangun secara elevated atau melayang tepat di atas jalan. 

"Kalau yang dari sebelah Mlati itu yang batas jalan Jogja-Bawen sampai dengan [tikungan] Ring Road yang melengkung itu nanti at grade. Yang di atas Ring Road baru melayang," ujar dia. 

BACA JUGA: Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Mulai Digarap, Ada yang Dibangun di Atas Ring Road di Sleman

Dari segi jadwal, pengerjaan dua tipe konstruksi jalan tol ini pun berbeda. Tol tipe at grade pada seksi ini sudah mulai digarap, sedangkan tol elevated di atas Ring Road baru dikerjakan mulai September mendatang. 

"Dari batas selesai Jogja-Bawen itu, Tirtoadi  itu sampai dengan Trihanggo yang sebelum masuk Ring Road itu sudah mulai sekarang. Tetapi kalau di Ring Road-nya mulai di September nanti fisiknya," jelasnya 

Proyek seksi 2.2B ini diterangkan Oka menghabiskan anggaran Rp1,1 triliun. Penggarapannya sendiri ditargetkan rampung sebelum Mei 2024. Dalam pembangunannya, ruas jalan di bagian tengah Ring Road akan dipakai untuk aktivitas proyek termasuk pembangunan tiang pancang tol. Sebelum masuk proses ini, pengembang tol terlebih dahulu akan melebarkan jalan di sisi kanan dan kiri ring road tempat lokasi tol dibangun. "Tahap pertama pelebaran dulu, baru dia bekerja di tengahnya," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement