Advertisement

Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Mulai Digarap, Ada yang Dibangun di Atas Ring Road di Sleman

Catur Dwi Janati
Selasa, 18 Juli 2023 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Mulai Digarap, Ada yang Dibangun di Atas Ring Road di Sleman Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANā€”Pembangunan ruas jalan Tol Jogja-Solo seksi 2.2B On/Off Trihanggo-Junction Sleman mulai digarap. Membentang sekitar 3,25 kilometer dari Tirtoadi hingga Trihanggo, Sleman, konstruksi jalan tol pada seksi ini ada yang dibuat melayang (elevated) dan ada yang dibangun di atas tanah (at grade).

Project Director PT. Adhi Karya, Oka Chandra Sukmana yang menangani pengerjaan tol pada seksi 2.2B menerangkan bila penggarapan tol pada ruas ini telah dimulai.

Advertisement

Titik penggarapannya dilakukan mulai ujung ruas Tol Jogja-Bawen yakni di sekitar Tirtoadi, Sleman. Dari titik tersebut tol akan dibangun hingga wilayah Trihanggo.

"Pengerjaan tol 2.2 dari batasnya Jogja - Bawen yang di sebelah SMP Mlati itu sampai dengan Ring Road Utara. Ring Road Utaranya itu di perempatan Jalan Kabupaten, Trihanggo," jelasnya pada Senin (17/7/2023).

Dari segi konstruksinya, ada tua tipe tol yang akan dibangun pada seksi ini. Pertama tipe konstruksi at grade atau jalan tol yang menempel di tanah dan kedua tipe elevated yang konstruksinya melayang di atas tanah.

BACA JUGA: Penjualan Daging Anjing di Jogja Tersebar di Lima Titik, Satpol PP Segera Bertindak

Pada ruas seksi 2.2B ini, tipe konstruksi tol at grade membentang dari wilayah Tirtoadi sampai area Trihanggo sebelum Ring Road. Sementara itu, penggarapan tol di area ring road akan dibangun secara elevated atau melayang tepat di atas jalan raya.

"Kalau yang dari sebelah Mlati itu yang batas jalan Tol Jogja-Bawen sampai dengan [tikungan] Ring Road yang melengkung itu nanti at grade. Yang di atas ring road baru melayang," katanya.

Jadwal pengerjaan dua tipe konstruksi jalan tol ini pun berbeda. Tol tipe at grade pada seksi 2.2B saat ini mulai digarap. Sementara tol elevated di atas Ring Road baru akan dikerjakan September 2023.

"Dari batas selesai Tol Jogja-Bawen itu, TirtoadiĀ  itu sampai dengan Trihanggo yang sebelum masuk Ring Road itu sudah mulai sekarang. Tapi kalau di Ring Road-nya mulai di September nanti fisiknya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bantu Ukraina, 7 Negara Uni Eropa Borong Amunisi Peluru Artileri

News
| Sabtu, 30 September 2023, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement