Advertisement

Hizbul Wathan Akan Kukuhkan Panglima Besar Soedirman sebagai Bapak Pandu

Sunartono
Senin, 24 Juli 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
Hizbul Wathan Akan Kukuhkan Panglima Besar Soedirman sebagai Bapak Pandu Sejumlah pengurus Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sata menyampaikan informasi terkait pelaksanaan muktamar HW ke-4, Senin (24/7/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan akan mengukuhkan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai Bapak Pandu dalam rangkaian Muktamar HW ke-4 yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 26-29 Juli 2023 mendatang.

Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Endra Widyarsono mengatakan Muktamar H ke-4 kali ini sekaligus menjadi momentum penting, karena akan mengukuhkan Pangsar Jenderal Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan. Pengukuhan itu tidak lepas dari peran Soedirman di HW saat masih muda.

Advertisement

BACA JUGA : Warga Tepus Diajak Menyusuri Rute Gerilya Jenderal Soedirman

“Selain itu kami berharap Panglima Besar Soedirman ini tidak hanya dikenal sebagi bapak di lingkungan TNI saja akan tetapi juga Bapak Pandu kami di HW. Karena memang dahulu juga aktif di organisasi ini,” kata Endra kepada wartawan di Jogja, Senin (24/7/2023).

Pengukuhan Soedirman sebagai Bapak Pandu HW akan dilakukan oleh PP Muhammadiyah bersamaan dengan pembukaan muktamar HW ke-4. “Harapannya menjadi inspirasi bagi kami seluruh kader Muhammadiyah yang aktif di HW,” ujarnya.

Sekretaris Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Muhammad Zairin menambahkan Jenderal Soedirman memang tidak bisa lepas dari HW. Karena saat masih mudah Soedirman terlibat aktif di pergerakan HW. Soedirman mampu memberikan kiprah positif di organsiasi dengan mendidik, melatih kedisiplinan para siswa dan menjadi pemimpin di lingkungan HW.

“Ini menjadi momentum bahwa HW bisa menduni, menjadi inspirasi kami. Kebetulan saat ini sudah ada rintisan HW yang ingin berdiri di Malaysia, di Muktamar akan dirumuskan bagaimana HW di kancah global,” katanya.

BACA JUGA : Ini Alasan Putra Bungsu Jenderal Soedirman Bergabung

Adapun muktamar HW ke-4 mengangkat te,a Menggerakkan Sumber Daya Membangun Kader Utama, menurut Endra, tema itu dalam rangka menjawab tantangan perubahan dan sejalan dengan harapan dari PP Muhammadiyah.

“Kami akan lebih banyak melibatkan generasi muda, generasi milenial untuk lebih banyak terlibat di HW khususnya dalam menghadapi era disrupsi,” ujarnya.

Dalam muktamar ini akan menetapkan Ketua Umum Kwartir Pusat HW untuk periode 2023-2028 serta merumuskan sejumlah program yang memberikan manfaat untuk masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement