Advertisement

Puluhan Warga Terdampak Bencana di Sleman Terima Bantuan, Total Mencapai Rp87 Juta

Catur Dwi Janati
Selasa, 25 Juli 2023 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Puluhan Warga Terdampak Bencana di Sleman Terima Bantuan, Total Mencapai Rp87 Juta Ilustrasi dana. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Puluhan warga terdampak bencana alam di Sleman menerima bantuan sosial dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman. Total nilai bantuan sosial yang dikucurkan kepada korban bencana mencapai lebih dari Rp87 juta.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menuturkan bila Pemkab Sleman memang telah menganggarkan bantuan sosial tidak terencana yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Bencana alam yang termasuk dalam skema bantuan sosial ini meliputi banjir, angin kencang, kebakaran dan tanah longsor yang tidak dapat diprediksi.

Advertisement

Adapun besaran bantuan sosial yang diberikan mengacu pada kondisi kerusakan serta kebutuhan dari masing-masing korban bencana. "Bantuan ini tujuannya adalah meringankan beban bapak ibu semua yang rumahnya terkena dampak bencana. Diharapkan mampu menjadi stimulan untuk dapat bangkit dan kembali seperti sedia kala," ujarnya pada di Aula Oproom Dinas PMK Sleman, Senin (24/7/2023).

BACA JUGA: Wakil Bupati: Pengentasan Kemiskinan di Sleman Tidak Bisa Hanya lewat Bantuan

Setidaknya ada 59 warga korban terdampak bencana yang memperoleh bantuan sosial pekan ini. Mereka berasal dari sejumlah wilayah yang tersebar di 14 padukuhan, delapan kalurahan dan enam kapanewon. Total bantuan yang diberikan mencapai lebih dari Rp87 juta.

Kustini berharap bantuan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya agar bisa bermanfaat bagi warga terdampak bencana. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana alam di sekitarnya.

Plh. Kepala BPBD Sleman, Saiful Bahri menjelaskan bantuan sosial yang diberikan mengacu pada Perbup No.56/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Bencana. Bantuan yang diberikan berupa uang dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kerusakan dan jumlah kerugian warga terdampak. "Ini wujud kepedulian Pemkab Sleman terhadap masyarakat Sleman dan kami BPBD siap membantu warga yang terkena dampak bencana."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement