Advertisement

Polemik TPA Piyungan, Ini Tanggapan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Catur Dwi Janati
Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Polemik TPA Piyungan, Ini Tanggapan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ditemui di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menanggapi polemik Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan atau TPA Piyungan.

Saat ini Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR tengah melihat persoalan yang terjadi di TPA Piyungan. Kementerian PUPR tengah melihat opsi mana yang bisa diimplementasikan untuk mengatasi persoalan sampah di TPA Piyungan. 

Advertisement

Basuki mengungkapkan salah satu fokus Dirjen Cipta Karya berkisar pada langkah yang bisa diambil untuk menambah kapasitas Piyungan sehingga mampu menampung sampah. 

"Piyungan kan, lagi dilihat oleh Dirjen Cipta Karya. Apa yang harus kita lakukan untuk menambah kapasitas itu untuk menampung sampah," terangnya di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (3/8/2023).

Basuki menegaskan nantinya akan ada tindak lanjut dari hasil penglihatan Dirjen Cipta Karya. "Akan ada tindaklanjutnya," tegasnya. 

BACA JUGA: Malioboro Jadi Jalur Pedestrian, Ini Gedung dan Bangunan yang Hilang

Saya ditanya awak media apakah upaya yang diambil juga akan melibatkan teknologi, menurutnya skema penerapan teknologi tergolong dalam strategi jangka panjang. Sementara saat ini yang tengah dilihat adalah opsi jangka pendek dari masalah TPA Piyungan.     

"Itu [teknologi] kan jangka panjang ya, kalau itu ya. Ini yang sekarang ini mau kita lihat jangka pendeknya apa," kata dia.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu TPA Piyungan sempat ditutup. Sejumlah daerah terdampak akan penutupan ini. Di Sleman, rencana pembangunan tempat penampungan sampah sementara di Cangkringan mendapat penolakan warga. Pemkab Sleman akhirnya memilih TPA Tamanmartani untuk dijadikan lokasi pengelolaan sampah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement