Advertisement

2,5 Hektare Lahan Eks Pabrik Gula Klaten Terbakar, Asap Kepung Permukiman

Newswire
Senin, 07 Agustus 2023 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2,5 Hektare Lahan Eks Pabrik Gula Klaten Terbakar, Asap Kepung Permukiman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Kebakaran menimpa lahan seluas 2,5 hektare (ha) di area eks Pabrik Gula (PG) Ceper di Desa/Kecamatan Ceper, Klaten, Minggu (6/8/2023) sore. Tak ada korban jiwa atau pun luka dalam kebakaran lahan itu namun asap pekat menghalangi pandangan di sekitar lokasi kejadian.

Selain itu, kebakaran itu juga sempat membikin warga sekitar khawatir karena sebagian asap mengarah ke permukiman dan menghalangi pandangan di jalan. Beruntung petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan segera datang ke lokasi dan melakukan pemadaman.

Advertisement

Peristiwa kebakaran itu dilaporkan ke Pos Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Minggu sekitar pukul 14.54 WIB. Petugas Damkar kemudian mendatangi lokasi dengan dua unit mobil Damkar.

Sesaat setelah sampai di lokasi sekitar pukul 15.12 WIB, petugas segera melakukan pemadaman. Area lahan yang terbakar di bekas Pabrik Gula Ceper, Klaten, itu didominasi tanaman tebu. Kebakaran sempat mengancam bangunan kosong, permukiman, instalasi jaringan listrik, serta pengguna jalan.

Baca juga: Panji Gumilang Jadi Tersangka Penistaan Agama, Haedar Nashir Ikut Berkomentar

Beruntung, api berhasil dipadamkan dan tak sampai merembet ke bangunan kosong serta permukiman di dekatnya. Proses pemadaman selesai pukul 17.03 WIB.

Pada penanganan kebakaran itu, petugas Damkar Klaten dibantu Polsek Ceper, Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Redkar Klaten, PMI Klaten, serta relawan Suroyudho.

Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan, melalui Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, menjelaskan area lahan yang terbakar seluas 2,5 ha dari total luas area 7 ha.

Pada penanganan lahan eks Pabrik Gula Ceper, Klaten, yang terbakar itu, air yang digunakan diperkirakan sebanyak 15.000 liter. “Untuk penyebab kebakaran tidak diketahui,” kata Sumino saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Peristiwa kebakaran itu juga diunggah melalui akun Instagram @infocegatanklaten, Minggu sore. Pada video yang dibagikan terlihat asap putih pekat membubung dari area lahan yang dilalap si jago merah.

Area lahan itu berdekatan dengan jalan raya Karangwuni-Pedan dan dibatasi tembok. Salah satu warganet, dalam kolom komentar di unggahan akun Instagram tersebut mengatakan kebakaran lahan itu merembet sampai ke belakang musala di desanya. Bahkan jalan di desanya sampai tidak terlihat saking tebalnya asap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Wisata
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement