Advertisement

Temui Bupati Sleman, Korban Apartemen Malioboro City Berharap Ada Solusi

Abdul Hamied Razak
Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Temui Bupati Sleman, Korban Apartemen Malioboro City Berharap Ada Solusi Belasan warga korban apartemen Malioboro City kembali melakukan audiensi dengan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, pada Rabu (9/8 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Belasan warga korban apartemen Malioboro City kembali melakukan audiensi dengan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, pada Rabu (9/8/2023). Mereka berharap pemerintah juga ikut memikirkan solusi dan nasib ratusan korban.

Sekretaris Paguyuban Korban Apartemen Malioboro City, Budiharjo mengatakan inti pertemuan tersebut bagaimana caranya permasalahan para korban dapat selesai. Terutama terkait legalitas AJB maupun SHM apartemen tersebut. Hanya saja, ada persoalan yang masih mengganjal para korban untuk mencapai proses tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Korban Mengadu Lagi, DPRD DIY Segera Panggil Pengembang Apartemen Bermasalah

"Legalitas kami membeli apartemen punya. Tapi ibarat beli motor, kami hanya dapat kuintansinya. Tidak ada STNK dan BPKB. Kami juga ngejar SLF [sertifikat layak fungsi] bangunan. Kalau SLF aman, sertifikat keluar bisa mengurus AJB [akta jual beli]," katanya usai pertemuan.

Persoalannya, kata Budiharjo, pihak pengembang apartemen PT IH selama ini tidak kooperatif, tidak mau mengajukan SLF dan proses selanjutnya. Berbeda dengan Bank MNC, yang menurutnya masih bisa kooperatif. "Antara PT IH dengan MNC Bank ada persoalan, tapi konflik keduanya justri mengorbankan kami selalu konsumen. Makanya kami akan terus perjuangan hak-hak kami," katanya.

Disinggung soal proses hukum kasus tersebut, Budi mengatakan laporan kasus tersebut kepada pihak kepolisian masih berjalan. Saat ini, kabarnya, kepolisian masih melakukan penyelidikan hingga pemanggilan sejumlah saksi. "Kami juga akan melakukan aksi turun jalan dari Tugu Jogja hingga titik Nol Jogja bersama Satgas Anti Mafia Tanah pada Minggu (13/9/2023) besok," katanya.

Salah seorang korban, Rina Yusnari mengatakan tetap semangat untuk memperjuangkan hak-haknya. Rina membeli apartemen tersebut pada 2012 lalu dengan banyak janji dari pengembang. Apartemen tersebut rencananya akan ia gunakan untuk hari tua.

"Namun sampai saat ini ternyata susah. Kami belum mendapatkan hak-hak kami. Padahal saya sudah membayad lunas, Rp500an juta. Kami berharap dapat legalitas dan segera memiliki SHM. Selama 10 tahun kami menunggu, masih belum ada kejelasan," katanya.

BACA JUGA: Korban Apartemen Malioboro City Kirim Satu Bendel Surat ke Presiden Jokowi dan Puan Maharani

Menanggapi hal itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemkab Sleman akan membantu para korban sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Pemkab juga akan menjembatani masalah tersebut. "Soal masalah hukum, kami juga mendukung langkah para korban. Itu hak korban. Kami terbuka, siapapun yang berdomisili di Sleman apalagi warga Sleman, wajib kami lindungi," katanya.

Pemkab, katanya, akan kembali melihat persoalan ini sesuai dengan kewenangan yang dimiliki pemerintah daerah. Misalnya soal perizinan, berdasarkan laporan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPT) Sleman, sebagian perizinan apartemen tersebut sudah selesai sehingga Pemkab menerbitkan empat IMB.

Hanya saja, katanya, untuk SLF masih belum memenuhi. Pihak pengembang belum mengajukan SLF sehingga tidak bisa mengecek apakah sudah sesuai dengan aturan atau tidak. "Izin lokasi, izin yang dikeluarkan, baik sisi administrasi dan teknisnya memenuhi syarat. Itu yang di depan ya, bukan yang dibelakang itu tanah kas desa. Cuma dalam implementasinya, ada yang tidak dilakukan oleh pihak pengembang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement