Advertisement

Kakek 70 Tahun Ini Sengaja Kayuh Sepeda Jakarta-Jogja untuk Tujuhbelasan di Malioboro

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kakek 70 Tahun Ini Sengaja Kayuh Sepeda Jakarta-Jogja untuk Tujuhbelasan di Malioboro Dana (helm hitam dan berjanggut) menceritakan perjalanannya mengayuh sepeda dari Jakarta ke Jogja untuk merayakan HUT RI di Jogja. - Harian Jogja/Stefani Yulindriano Ria

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Demi menikmati HUT RI di Jogja dan merasakan momen pengibaran bendera merah putih  di Jalan Malioboro, Wikrama Wardana yang akrab disapa Dana, 70, warga Jakarta rela mengayuh sepeda dari tempat asalnya ke Jogja. 

Perjalanan jakarta-Jogja ditempuhnya bersama dengan lima orang anggota komunitas Seven, komunitas penyuka sepeda dari SMAN 7 Jakarta. Perjalanan sekitar 560 km tersebut ditempuh sekitar 3-4 hari, mulai Minggu, 13 Juli 2023 lalu. 

Advertisement

Dana mengaku sengaja bersepeda ke Jogja, karena ingin merayakan HUT RI di kota gudeg ini. Dia mengaku tahun lalu juga melakukan hal serupa. “Seperti tahun lalu, saya 17 Agustus juga disini, naik sepeda juga,” katanya saat ditemui di Jalan Malioboro.

Memasuki usia Indonesia yang ke 78 tahun, menurut Dana, Indonesia sebagai sebuah negara telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam sepuluh tahun terakhir. Pembangunan di berbagai bidang yang dilakukan pun telah memberikan dampak bagi kemajuan masyarakat. 

“Lebih maju, lebih makmur, pembangunan terus dijalani, karena pembangunan sepuluh tahun belakangan ini luar biasa. Kita akui itu. Sepuluh tahun belakangan ini,” katanya. 

Baca juga: Wisatawan Mulai Pertanyakan Tumpukan Sampah di DIY

Dia pun berharap di masa mendatang, Indonesia pun dapat semakin maju. “Jadi kita harapkan sepuluh tahun kedepan sama seperti sekarang Indonesia lebih maju. Indonesia sudah diakui dunia, luar biasa kemajuannya, kita bisa lihat,” katanya. 

Ditemui di Jalan Malioboro, Dana dan komunitasnya juga turut berhenti sejenak selama sirine tanda detik detik proklamasi kemerdekaan RI. 

“Sudah tahu [sirine dibunyikan kendaraan berhenti sejenak]. Pas kebetulan pas lewat pas bunyi, tadi hujan takut enggak keburu, ternyata keburu alhamdulillah,” katanya. 

Dia pun mengaku sengaja melintasi Jalan Malioboro sekitar jam 10.15 WIB saat sirene detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dibunyikan. “Sengaja. Ke Tugu di jam-jam ini, ke Keraton dulu ke Tugu, baru muter ke Kaliurang,” katanya. 

Dia pun berencana akan melanjutkan perjalanan ke Solo, kemudian kembali ke Jakarta pada besok Sabtu dan diperkirakan tiba di Jakarta pada Senin 21 Agustus 2023 depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Merawat Lansia, PKU Jogja dan MPKS PWM DIY Bekali Relawan di Kota Jogja

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement