Advertisement

Kandang Ayam di Sleman Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Yosef Leon
Kamis, 17 Agustus 2023 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kandang Ayam di Sleman Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Petugas Damkar Kabupaten Sleman berupaya memadamkan api yang melalap bangunan kandang ayam di kawasan Sendangsari, Minggir Kabupaten Sleman pada Kamis (17/8/2023) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kandang ayam yang terletak di kawasan Sendangsari, Minggir Kabupaten Sleman dilaporkan terbakar pada Kamis (17/8/2023). Diduga insiden kebakaran itu terjadi akibat konsleting arus pendek dan menyambar sepeda motor di area kandang sehingga api membesar. 

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Sleman, Sutriyanta mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.00 Wib. Butuh waktu satu jam lebih bagi petugas untuk memadamkan api. Sekitar pukul 11.40 Wib api berhasil dipadamkan. 

Advertisement

Dijelaskan, sebelum terjadinya kebakaran pemilik kandang ayam tengah memvaksin ternaknya di area belakang. Tiba-tiba terdengar suara ledakan di area kandang bagian belakang yang cukup keras. Setelah dicek api sudah muncul dan menjalar ke bagian tengah kandang. 

"Diduga akibat konsleting arus pendek dan suara ledakan itu berasal dari sepeda motor yang berada di dekat kandang," jelasnya. 

Baca juga: Presiden Jokowi: Insyaallah Upacara 17 Agustus 2024 dilaksanakan di IKN

Pemilik kandang kemudian meminta bantuan kepada warga dan selanjutnya menghubungi Damkar Sleman untuk memadamkan api. Sedikitnya empat unit mobil pemadam diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan api. Petugas berjibaku selama satu jam lebih dan api berhasil dipadamkan. 

"Api berhasil padam sekitar pukul 11.40 Wib. Bangunan kandang yang terbuat dari kayu cukup menyusahkan petugas untuk memadamkan api," kata dia. 

Kandang ayam semi permanen seluas 6x50 meter persegi itu hangus. Bagian dinding dan atap yang terbuat dari kayu habis terbakar dan hanya menyisakan tiang penyangganya saja. Akibat kebakaran itu kerugian diperkirakan mencapai Rp200 juta. "Tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan kurang lebih Rp200 juta," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement