Advertisement

Pakem Sleman Gelar Lomba Bregada dan Jatilan

Lugas Subarkah
Minggu, 20 Agustus 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakem Sleman Gelar Lomba Bregada dan Jatilan Sejumlah peserta lomba bregada dan jathilan di Pakem menunjukkan aksinya, Sabtu (19/8/2023) - ist Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kapanewon Pakem menggelar lomba bregada dan jatilan di halaman kantor Kapanewon Pakem, Sabtu (19/8/2023). Lomba ini sebagai bentuk pelestarian budaya dalam memperingati 11 tahun Keistimewaan DIY sekaligus Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Panewu Pakem, Rakhmat Harinawan, menjelaskan kegiatan lomba ini diikuti oleh lima kalurahan yang ada di Kapanewon Pakem. Ada dua kesenian yang dilombakan, yakni lomba bregada yang berlangsung pagi dan lomba jatilan pada siang harinya.

Advertisement

Selain itu, dalam acara ini juga sekaligus diadakan gelar UMKM yang diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM di Kapanewon Pakem. "Ini baru pertama ini kita adakan. Tujuannya untuk nguri-uri budaya jawa yang ada di Kapanewon Pakem ini," katanya.

Baca juga: Deretan Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan lomba ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memupuk rasa cinta dan rasa handarbeni masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan lokal.

Dengan begitu masyarakat diharapkan terus semangat untuk melestarikan kebudayaan yang kita miliki. "Ini juga sebagai wadah transformasi dari yang senior ke yang junior. Saya harap dapat menjadikan masyarakat lebih guyub rukun, dan dengan adanya acara ini saya harap juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kapanewon Pakem ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Masih Kekurangan Tenaga SDM Kesehatan

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement