Advertisement

Pemilu Kulonprogo, 37 Bacaleg Petahana Dikeroyok Ratusan Pendatang Baru

Andreas Yuda Pramono
Senin, 21 Agustus 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Pemilu Kulonprogo, 37 Bacaleg Petahana Dikeroyok Ratusan Pendatang Baru Ilustrasi Pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 37 bakal calon legislatif (bacaleg) incumbent (petahana) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo akan berebut kursi dengan 400 bacaleg pendatang baru atau newcomers dalam Pemilu 2024.

Melalui Surat Keputusan (SK) KPU Kulonprogo No 113/2023 tentang Daftar Calon Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Pemilu 2024, terdapat 37 anggota DPRD Kulonprogo yang masih berupaya memperpanjang periode kursi legislatif mereka.

Advertisement

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Tri Mulatsih mengatakan terdapat total 437 bacaleg dari 17 partai politik (parpol) peserta pemilu. Lantaran 37 orang di antaranya merupakan petahana, maka ada 400 orang bacaleg baru yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi DPRD Kulonprogo. "Totalnya ada 437 bakal calon legislatif DPRD Kulonprogo untuk Pemilu 2024," kata Tri, Senin (21/8/2023).

BACA JUGA: KPU Bantul Tetapkan 545 DCS DPRD untuk Pemilu 2024

Saat ini, terdapat 40 orang yang mengisi kursi DPRD Kulonprogo. Dari 40 tersebut, ada tiga orang yang mencalonkan diri untuk menjadi bacaleg DPRD DIY. Tiga tersebut yaitu Nur Eni Rahayu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Akhid Nuryati dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Suharto dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Jika menilik dari partai pengusung, maka dari PKB ada empat bacaleg petahana, Gerindra ada enam, PDIP 11, Golkar ada empat, Nasdem ada satu, PKS lima, dan PAN ada enam bacaleg.

Anggota Komisi I DPRD Kulonprogo, Upiya Al Hasan, mengaku siap dalam mempertahankan kursi di DPRD Kulonprogo. “Saya akan memperjuangkan aspirasi dapil dan memberikan manfaat bagi masyarakat sebesar-besarnya. Selain itu saya akan membantu memfasilitasi dan mendorong percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Upiya dihubungi, Senin (21/8/2023).

Legislator yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menambahkan bahwa dengan banyaknya bacaleg muda baru maka kontenstasi dalam pemilihan legislatif dalam Pemilu 2024 dapat menjadi ajang mengukir prestasi dan belajar berpolitik dengan mengedepankan pendidikan dan etika politik. “Upaya tersebut sangat sulit tapi harus terus kita sampaikan dan praktikkan,” katanya.

Di lain pihak, bacaleg yang diusung PDIP, RR Desti Pujilestari, mengatakan akan memperjuangkan peningkatan ekonomi khususnya untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Saya juga akan memperjuangkan lapangan pekerjaan untuk masyarakat Kulonprogo. Saya sendiri sebenarnya pada 2019 juga sudah nyaleg tetapi dari partai lain,” kata Desti, Senin (21/8/2023). Namun demikian, Desti ketika itu belum lolos sebagai legislator DPRD Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Apresiasi Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23/2024

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement