Advertisement

Pemilu 2024 di DIY, Sleman Paling Rawan, Gunungkidul Paling Aman

Triyo Handoko
Jum'at, 01 September 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Pemilu 2024 di DIY, Sleman Paling Rawan, Gunungkidul Paling Aman Kampanye pemilu - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Angka Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di DIY menunjukkan Kabupaten Sleman menjadi sebagai daerah paling rawan saat Pemilu 2024 dengan angka 63,87. Sementara di tingkat nasional, Sleman tercatat sebagai daerah ke-25 paling rawan saat Pemilu 2024 dari total 85 kabupaten/kota se-Indonesia.

Di urutan kedua setelah Sleman adalah Kabupaten Kulonprogo dengan nilai 63,87; disusul oleh Bantul dengan nilai 40,35; kemudian Kota Jogja dengan skor 30,54; dan yang terakhir adalah Gunungkidul dengan skor 29,97.

Advertisement

Untuk itu, Bawaslu Kota Jogja segera bergerak cepat mengantisipasi kerawanan tersebut dengan membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sentra Gakkumdu ini melibatkan kepolisian dan kejaksaan untuk bersama-sama mengawasi hingga menindak pelanggaran pemilu.

BACA JUGA: Masuk Wilayah Paling Rawan, Ini Langkah Bawaslu Sleman Jelang Pemilu 2024

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu DIY, Jantan Putra Bangsa menjelaskan antisipasi kerawanan pemilu juga dilakukan dengan program partisipasi pengawasan.

“Program ini menyasar masyarakat luas, sudah kami gandeng juga kelompok difabel, pemuda, hingga penghobi seperti kelompok badminton. Semua elemen masyarakat kami libatkan dalam pengawasan Pemilu,” jelasnya, Jumat (1/9/2023).

Pengawasan partisipasi yang dilakukan masyarakat, jelas Jantan, penting dilakukan untuk memastikan penyelenggaran hingga peserta pemilu mengikuti aturan yang ada. “Penting sekali partisipasi masyarakat dalam pengawasan ini karena petugas yang ada juga terbatas,” paparnya.

Koordinasi juga akan dilakukan Bawaslu Kota Jogja, lanjut Jantan, dengan berbagai pihak seperti Satpol PP terkait spanduk dan alat peraga kampanye lain. “Semua pihak dengan tugas dan perannya masing-masing akan dilibatkan agar pemilu nanti berjalan sesuai aturan, aman, dan damai,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement