Advertisement

Perajin Sangkar Burung Kulonprogo Dilatih Pemanfaatan Teknologi dan Desain

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 06 September 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Perajin Sangkar Burung Kulonprogo Dilatih Pemanfaatan Teknologi dan Desain Ilustrasi perajin sangkar burung di Kulonprogo. - Dok. Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi dan desain kepada pelaku kerajinan sangkar burung di Kulonprogo. Pelatihan tersebut diharapkan dapat mendorong pelaku kerajinan untuk menghasilkan produk inovatif lain.

Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna, mengatakan bahwa pelatihan tersebut diharapkan mampu memberikan peningkatan kompetensi perajin sangkar burung. "Produk yang memiliki keunikan dan perbedaan yang unggul secara kualitas akan sangat besar peluangnya diterima oleh pasar," kata Sudarna, Rabu (6/9/2023).

Advertisement

Sudarna menambahkan kegiatan yang diikuti 15 orang perajin itu menjadi upaya Pemkab dalam mendampingi industri kecil menengah (IKM) agar berkembang. Pelatihan yang telah dilaksanakan dari Senin (4/9/2023) tersebut akan berakhir pada Jumat (8/9/2023).

BACA JUGA: 14 Oleh-Oleh Kerajinan Tangan Khas Jogja

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program perencanaan pembangunan industri, APBD tahun anggaran 2023 yang juga mengakomodir pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kulonprogo dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sudarna mengatakan peserta pelatihan diharpakan mampu berkolaborasi dengan generasi muda dalam upaya pengembangan pemasaran produk paska pelatihan. Hal tersebut penting mengingat perkembangan telah mengarah pada pemasaran online.

"Perlu juga pengelolaan IKM dari sisi pemasaran digital, sehingga produk IKM tersebut menjadi mudah dikenal luas di kalangan masyarakat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah International

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement