Advertisement

Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Ini yang Dilakukan Disnakertrans Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 08 September 2023 - 06:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Ini yang Dilakukan Disnakertrans Kulonprogo Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo akan menggelar pelatihan hidroponik, ruas MUA, dan pelatihan handicraft. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Atik Zuniastuti, mengatakan kuota pelatihan handicraft dan rias MUA sudah ditutup karena pendaftar telah melebihi kuota.

Advertisement

"Hari ini [kemarin] kami melakukan proses seleksi untuk pendaftar handicraft dan rias MUA. Kalau yang hidroponik saya belum memantau. Tapi kalau pendaftar sudah melebihi kuota langsung ditutup dan dilanjutkan seleksi," kata Atik Kamis (7/9/2023).

BACA JUGA: Bikin Geger! Lahan Seluas 2.000 Meter Persegi di Giripeni Kulonprogo Terbakar

Pelatihan hidroponik dan rias MUA akan digelar di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mahkota dan LPK Agropedia. Sementara pelatihan handicraft akan dilakukan di kantor Disnakertrans Kulonprogo.

"Tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan penyiapan wirausaha mandiri. Cuma pelatiha saja tanpa modal. Kalau yang ada bantuan peralatan itu pelatihannya Disdagin," katanya.

Atik menambahkan, penetapan jadwal pelatihan baru akan dibahas pada Senin (11/9/2023). Hanya saja, Atik memastikan pelatihan akan digelar pada bulan September 2023.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kulonprogo, Nur Wahyudi, mengatakan bahwa pelatihan yang diadakan Disnakertrans terbuka untuk umum, dalam arti penyandang disabilitas juga dapat mengikuti.

"Pelatihan yang kami adakan bisa diikuti teman-teman disabilitas. Kalau program khusus untuk mereka tahun ini tidak ada," kata Nur.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kulonprogo, Suradiman, mengatakan bahwa pihaknya juga membuka pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas.

"Pelatihan yang kami persilakan [keikutsertaan difabel] adalah pelatihan yang memungkinkan diikuti penyandang disabilitas seperti pelatihan pengolahan hasil pertanian dan lainnya," kata Suradiman.

Menurut dia, kendati UPTD BLK mempersilakan penyandang disabilitas untuk mendaftar pelatihan namun setiap tahunnya peserta difabel jarang yang mendaftar. "Kami juga mengakomodir untuk fasilitasnya seperti kamar mandi ramah difabel," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turunkan Angka Kemiskinan Hingga 0 Persen, Ini Solusi yang Ditawarkan BPJamsostek

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement