Advertisement

Lazismu Salurkan Bantuan Program Rp3,5 Miliar untuk Warga DIY

Sunartono
Minggu, 17 September 2023 - 06:17 WIB
Sunartono
Lazismu Salurkan Bantuan Program Rp3,5 Miliar untuk Warga DIY Penyaluran bantuan Lazismu untuk program Saudara Muda menyasar pelajar DIY, Sabtu (16/9/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) DIY menyalurkan bantuan zakat Rp3,5 miliar kepada masyarakat. Bantuan itu diberikan melalui program pemberdayaan hingga beasiswa pendidikan.

Ketua Lazismu DIY Jefree Fahana menjelaskan penyaluran Rpp3,5 miliar itu merupakan bagian dari program Memberi untuk Negeri, Sinergi Inspirasi Jogja yang digulirkan Lazimuh DIY. Adapun penyalurannya diberikan melalui 12 program unggulan dengan menyasar berbagai kalangan.

Advertisement

“Penyaluran bantuan ini kami berikan dalam bentuk pemberdayaan kepada perseorangan, dengan harapan setelah mendapatkan bantuan mereka bisa mandiri,” kata Jefree di sela-sela penyaluran bantuan di SMA Muhammadiyah 2 Kota Jogja, Sabtu (16/9/2023).

BACA JUGA : Gempa Maroko: Muhammadiyah Kirim Tim Bantuan untuk Tangani Korban

Salah satu bentuknya adalah beasiswa program inkubasi Saudagar Muda Muhammadiyah yang diberikan kepada 50 proposal dari pelajar. Proposal pengajuan usaha yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan modal Rp10 juta dan Rp3 juta. Melalui program ini ia berharap ketika lulus para pemuda tersebut memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis secara mandiri.

“Sehingga mereka berdaya, yaan sudah punya ide kita kreasikan, kami kawal dan berikan pendampingan,” ujarnya.

Tak hanya itu, program lain juga untuk menyasar penanganan stunting di wilayah DIY. Kemudian beasiswa Sang Surya diberikan untuk membayar SPP secara penuh kepada mahasiswa berprestasi, Beasiswa Mentari, TIMBANG, Sayangi Lansia, END TB, Peduli Guru, Peduli Anak Yatim, Program Produktif, Family Learning Center dan Program Peduli Lingkungan melalui pemberian motor pick-up kepada SMP Muhammadiyah 10 Jogja untuk pengelolaan dan pengumpulan sampah. 

BACA JUGA : PP Muhammadiyah Tetapkan Hari Pers Nasional Khusus Mereka, Ini Alasannya

“Penerima manfaat dapat memanfaatkan bantuan ini untuk mengembangkan diri dan mengembangkan usahanya. Kali ini dapat menyalurkan Rp 3,5 miliar, semester berikutnya harapannya meningkat sehingga semakin banyak program yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nur Ahmad Ghojali Wakil Ketua PWM DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turki Pukul Israel dengan Embargo Hubungan Perdagangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement