Advertisement

Gempa Maroko: Muhammadiyah Kirim Tim Bantuan untuk Tangani Korban

Yosef Leon
Minggu, 10 September 2023 - 13:07 WIB
Sunartono
Gempa Maroko: Muhammadiyah Kirim Tim Bantuan untuk Tangani Korban Pasca Gempa Maroko, Tim MDMC PCIM Muhammadiyah siap respons dengan menyalurkan bantuan ke Maroko. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kerajaan Maroko kerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban terdampak gempa bumi Maroko berkekuatan magnitudo 6.8 SR pada Jumat (8/9/2023) lalu. 

Gempa tersebut diketahui menyebabkan 2.012 jiwa meninggal dunia dan ribuan lainnya terluka parah. PCIM Maroko berencana untuk mengoperasikan tim bantuan selama 14 hari dalam fase tanggap darurat. Perwakilan PCIM Maroko Jundi Abdurrahman menyebut, tim itu nantinya akan fokus pada pendistribusian kebutuhan dasar, makanan, air bersih, dan perlengkapan kesehatan kepada warga terdampak.

Advertisement

BACA JUGA : Gempa Maroko, Dunia Bereaksi dan Kirim Bala Bantuan

"Selain itu, PCIM Maroko juga akan berfokus pada program dukungan kepada kelompok rentan diantaranya ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, lansia dan disabilitas," ungkap Jundi, Minggu (10/9/2023). 

Ketua Pimpinan Pusat MDMC Budi Setiawan menjelaskan, pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan lembaga kemanusiaan dan juga pemerintah, sejauh mana kemungkinan bantuan yang akan disalurkan dalam meringankan duka warga Maroko. Budi juga menyampaikan belasungkawanya atas bencana yang terjadi itu. 

"Sebagai warga yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, MDMC menyampaikan rasa duka dan empati yang mendalam atas musibah di Maroko," katanya. 

Adapun PCIM Maroko sendiri berupaya untuk menjangkau kebutuhan korban terdampak dengan lebih dalam melalui komunikasi dan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Hilal Ahmar di Chichaoua. 

BACA JUGA : Deretan Gempa Mematikan di Maroko, 64 Tahun Lalu Korban Jiwa 12.000 Orang

Sebagaimana dilaporkan bahwa gempa bumi dirasakan hampir diseluruh bagian negara Maroko. Korban terbanyak 694 jiwa meninggal dunia berasal dari Provinsi Al-Haouz. Saat ini upaya kaji cepat tengah dilakukan oleh MDMC dan PCIM Maroko untuk menentukan bantuan yang efektif dilokasi terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement