Advertisement

Sleman Punya Jurus Jitu Tanggulangi Stunting

Media Digital
Rabu, 20 September 2023 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sleman Punya Jurus Jitu Tanggulangi Stunting Danang Maharsa. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pada 19 September 2023 lalu, berkesempatan mendampingi dan mendukung Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto, yang terpilih menjadi salah satu narasumber dalam acara webinar Praktik Baik De’Best di 1000 HPK seri 5 yang diselenggarakan oleh BKKBN. 

Acara ini diikuti oleh ribuan peserta secara daring secara nasional. Usai kegiatan, Danang menjelaskan jika stunting merupakan gangguan tumbuh kembang pada anak lantaran gizi buruk, infeksi berulang serta kurangnya stimulasi psikososial yang memadai. 

Advertisement

Kalurahan Sidoluhur terpilih menjadi salah satu fokus praktik baik karena capaian penurunan stunting yang signifikan serta memiliki inovasi untuk menjawab permasalahan terkait penurunan stunting. "Selain itu, di kalurahan ini juga memiliki dukungan anggaran yang tercantum dalam dokumen perencanaan program dan anggaran kalurahan/desa," kata Danang, Rabu (20/9/2023). 

Baca Juga: 1.000 Hari Pertama Kehidupan Momen Penting Cegah Stunting

Dia menjelaskan penurunan prevalensi stunting Kalurahan Sidoluhur di 2023 sebesar 1,87%. Angka ini terus mengalami penurunan jika dilihat dari tiga tahun sebelumnya. Angka prevalensi stunting di Kalurahan Sidoluhur pada 2020 tercatat sebesar 21,50%, pada 2021 sebesar 15,04%, dan pada 2022 sebesar 8,68%. "Keberhasilan ini merupakan hasil konvergensi atau keroyokan dari semua pemangku kepentingan di

Sidoluhur. Kalurahan Sidoluhur memiliki 441 kader KB, 450 kader kesehatan, 24 Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan 15 Kader Pembangunan Manusia (KPM)," jelas Danang. 

Selain itu, sambungnya, pemeliharaan kesehatan di Sidoluhur juga didukung dengan adanya 15 ambulans desa di setiap padukuhan, serta fasilitasi sarana antropometri dan tikar stunting di tiap-tiap Posyandu.  Dengan edukasi dan sosialisasi yang tepat, saat ini lebih dari 95% warga telah memiliki jamban sehat dan memiliki akses air bersih. 

"Tentunya hasil ini tidak dicapai secara instan. Kalurahan Sidoluhur melakukan sejumlah inovasi dan upaya berkesinambungan di setiap aspek kesehatan dalam upaya penurunan prevalensi stunting. Terlebih yang harus diapresiasi adalah komitmen, konsistensi dan dedikasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan stunting di Sidoluhur," ujarnya. 

Baca Juga: Kalurahan Sidoluhur Sleman Jadi Percontohan Penurunan Stunting

Danang memaparkan sejak awal kehamilan, petugas Puskesmas memantau asupan gizi ibu hamil khususnya Ibu dengan resiko kehamilan. Setiap 3 bulan sekali, kader Posyandu melakukan penimbangan dan pengukuran sesuai KMS, KIA dan KKA baik di Posyandu maupun di PAUD. 

Setiap kader Posyandu juga diberikan edukasi dalam membuat menu yang sesuai usia dan kebutuhan gizi berbahan dasar pangan lokal. Setiap keluarga dengan balita juga menerima edukasi dan  pemantauan perkembangan balita setiap bulannya. Langkah-langkah ini juga dievaluasi oleh Bidan Desa dan Ahli Gizi setiap semester untuk menghindari kesalahan pencatat. 

Kalurahan Sidoluhur, katanya, juga berinovasi melalui Pengembangan Posyandu Holistik Integratif bagi balitaremaja, pra lansia, lansia dan difabel, Gerakan Saber (Sanitasi Bersih), pemberdayaan BUMKal Sidoluhur untuk melakukmelakukan pengolahan sampah serta Program Pemberian Makan Tambahan (PMT) melalui inovasi Jaburan Sak Ceting d’Kembuli. 

"Cerita ini membuktikan bahwa dengan keroyokan, sinergi Bersama lintas sektor, maka Sidoluhur berhasil menerapkan praktik baik penanggulangan stunting. Kampanye pencegahan dan penanggulangan stunting harus menjadi prioritas, didukung dan dilaksanakan secara terus menerus demi generasi Sleman yang sehat dan cerdas di masa depan," kata Danang. 

"Saya yakin, apa yang dilakukan di Sidoluhur juga sudah dipraktikkan di kalurahan-kalurahan lain. Untuk itu melalui tulisan ini saya mengajak kalurahan-kalurahan di Sleman untuk Bersama berantas stunting, wujudkan Sleman zero stunting. Cegah stunting itu penting," imbuhnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement