Advertisement

Warung Bakso di Bantul Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 24 September 2023 - 01:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Warung Bakso di Bantul Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik Petugas Damkarmat BPBD Bantul berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Dusun Paten RT 01, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Jetis, Senin (4/9/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Warung Bakso dan Mie Ayam Pak Aris yang terletak di Pasar Barongan, Sumberagung, Jetis, Bantul mengalami kebakaran pada Sabtu (23/9/2023). Kebakaran tersebut diduga terjadi karena korsleting listrik. 

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan kejadian terjadi sekitar pukul 16.45 WIB. Saat kejadian saksi berinisial G, 46, yang berprofesi sebagai pedagang durian di Pasar Barongan mengaku melihat kepulan asap dari atap sisi timur warung bakso tersebut.

Advertisement

Saksi G, kata Jeffry, lantas memberitahukan kejadian tersebut kepada saksi N, 55, penjaga malam Pasar Barongan, dan saksi Z, 26, pedagang martabak Pasar Barongan. 

BACA JUGA: Berikut Kronologi Kecelakaan Exit Tol Bawen, Truk Tabrak Sejumlah Motor dan Mobil hingga Remuk

Kemudian para saksi mengecek ke dalam warung tersebut dan mendapati api telah menyala dan membakar dinding warung sisi timur bagian atas yang terbuat dari anyaman bambu. 

Menurut Jeffry, saksi bersama dengan warga sekitar berusaha memadamkan api tersebut menggunakan ember. Selain itu, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul yang mendapat laporan adanya kebakaran juga di lokasi kejadian.

BACA JUGA: Lagi, Karena Bakar Sampah, 900 Meter Lahan di Dongkelan Ikut Terbakar

Kobaran api tersebut diperkirakan padam sekitar 16.50 WIB. Kemudian petugas pun mengecek dan memastikan api telah padam. 

“Berdasarkan hasil pengecekan bahwa penyebab kebakaran tersebut adalah akibat arus pendek atau korsleting jaringan listrik. Karena saat di cek kondisi meteran listrik sebagian dalam keadaan leleh atau terbakar,” katanya melalui telepon, Sabtu (23/9/2023). 

Menurut Jeffry dari pemeriksaan di lokasi, diprediksi penyebab korsleting listrik karena instalasi jaringan listrik tidak sesuai standar. Kejadian tersebut juga sudah ditangani PT. PLN. 

Atas kejadian tersebut kerugian materiil berupa terbakarnya dinding warung yang terbuat dari anyaman bambu dan kerusakan meteran listrik dengan perkiraan sekitar Rp.1 juta. Pada saat kejadian warung pun dalam keadaan kosong sehingga kejadian tersebut juga tidak menimbulkan korban jiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syahdu! Makan Malam Pemimpin Negara di World Water Forum Bali Diiringi Lantunan Sape

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement