Advertisement

Forum Zakat Nasional Gelar Zakat Goes to Campus di UGM

Media Digital
Rabu, 27 September 2023 - 17:17 WIB
Ujang Hasanudin
Forum Zakat Nasional Gelar Zakat Goes to Campus di UGM Suasana talkshow talkshow Zakat Goes to Campus yang digelar Forum Zakat Nasional pada Rabu (27/9/2023) di Masjid Kampus UGM. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Forum Zakat Nasional menggelar talkshow Zakat Goes to Campus di Universitas Gadjah Mada (UGM). Diskusi ini diharapkan lebih mendekatkan zakat di lingkungan kampus. 

Kegiatan bidang-bidang sekitar zakat ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli. Di antaranya Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama DIY, Nurhuda; Ketua Baznas Provinsi DIY, Puji Astuti; Dosen FEB Universitas Gadjah Mada, Dumairy; Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Budi Cahyana; Pengurus Bidang Advokasi Forum Zakat Nasional, Galeh Pujonegoro;dan Ketua Forum Zakat Wilayah DIY, Warnitis.

Advertisement

Pengurus Bidang Advokasi Forum Zakat Nasional, Galeh Pujonegoro menerangkan Zakat Goes To Campus membawa misi mendekatkan zakat ke area kampus termasuk kepada mahasiswa. Tujuannya, bagaimana konsep zakat ini kata Galeh dapat makin dekat lingkungan kampus.

"Supaya zakat makin dekat di tengah teman-teman mahasiswa dan hal lain adalah bagimana supaya konsep zakat dan pergerakannya makin dekat juga dengan lingkup kampus," tuturnya pada Rabu (27/9/2023) di Masjid Kampus UGM.

Galeh menilai masih ada jarak yang cukup signifikan antara tataran eksekusi, praktik dan tataran akademisi pada aspek zakat. "Gap ini yang akan coba terus kita dekatkan ketimpangannya, supaya  kedepan makin banyak riset-riset tentang zakat, makin banyak gerakan-gerakan zakat yang didukung oleh dunia pendidikan," jelasnya 

Zakat Goes to Campus di UGM ini merupakan chapter ketujuh dari 12 kampus yang ditargetkan jadi sasaran. Tujuannya sama, yakni mengedukasi civitas kampus tentang zakat. "Tujuannya literasi dan edukasi yang pada akhirnya nanti memajukan zakat dan manfaatnya bisa makin kuat," kata dia.

BACA JUGA: Potensi Zakat DIY 2,2 Triliun, Namun yang Terealisasi Hanya Segini

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama DIY, Nurhuda menilai kegiatan Zakat Goes To Campus sejalan dengan bidang zakat di Kemanag. Edukasi tentang zakat diharapkan turut mendukung program pemerintah. 

"Tentu ini sangat in line dengan ketugasan kami di Kemenag. Dimana salah satu direktorat yang ada di Kemanag yakni Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf yang sangat intens menggalang, mengelola instrumen tersebut yakni zakat dam wakaf. Tentu kegiatan pada hari ini sangat berperan, sangat berbagai untuk mendukung kesuksesan program dari pemerintah," tuturnya.

Secara mendasar zakat terbagi menjadi dua kata Nur, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah lanjut Nur melekat pada setiap jiwa, sedangkan zakat mal menggunakan perhitungan nisab. Bentuk zakat mal ada banyak, ada zakat penghasilan profesi, zakat pertanian, zakat harta dan sebagainya.

"Pada forum ini kami berharap bisa menghasilkan sesuatu yang nanti bisa kita bersama-sama diimplementasikan baik untuk memotivasi kita mendorong kita, kami Kemenag," ungkapnya 

Sementara itu Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Budi Cahyana menyinggung masih adanya pekerjaan rumah yang sangat besar pada persoalan kemiskinan dan ketimpangan. Budi mengutip survei BPS pada Maret 2023 yang mengungkapkan tingkat kemiskinan di DIY mengalamai penurunan, tapi angkanya masih di atas rata-rata nasional.

Angka ketimpangan di DIY pun masih tinggi kata Budi. Hal ini menunjukkan ketimpangan di DIY, di mana ada penduduk sangat sejahtera tapi ada penduduk yang sangat tidak sejahtera.

Dalam pengentasan persoalan ketimpangan dan kemiskinan, Budi berpandangan jika peran zakat mungkin dapat menjadi solusi pada dua persoalan tersebut. "Mungkin dari dua persoalan ini, mungkin bisa di atasi dengan zakat," tegasnya. (Catur Dwi Janati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement