Advertisement

Dalam Sepekan Beberapa Remaja Bantul Diduga Akan Terlibat Tawuran, Psikolog: Peran Keluarga Sangat Penting

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 03 Oktober 2023 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dalam Sepekan Beberapa Remaja Bantul Diduga Akan Terlibat Tawuran, Psikolog: Peran Keluarga Sangat Penting Ilustrasi tawuran. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dalam sepekan ada dua kejadian tawuran yang berhasil digagalkan oleh warga Kabupaten Bantul. Tawuran yang melibatkan remaja tersebut, menurut Diana Setiyawati Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dapat diantisipasi dengan meningkatkan peran keluarga dalam menanggulangi kenakalan remaja. 

Baca Juga: Diduga Hendak Tawuran, Belasan Remaja Ditangkap Polisi

Advertisement

Sebelumnya, Minggu (1/10/2023) enam remaja diamankan di Polsek Sewon karena diduga akan terlibat tawuran. Dari enam remaja tersebut, ada dua remaja yang masih berusia 13 tahun. Sebelumnya, Sabtu (30/9/2023) ada dua remaja yang diamankan Polsek Sewon karena diduga akan tawuran. Keduanya berusia 16 dan 17 tahun. Kedua kasus tersebut juga berhasil digagalkan oleh warga setempat. 

Menurut Diana keluarga memiliki peran untuk memberikan kasih sayang, penerimaan, penghargaan, dan pengakuan terhadap anak. Menurutnya, sebagian anak yang terlibat dalam kena kenakalan remaja tidak mendapatkan peran tersebut dalam keluarganya, sehingga mereka cenderung akan mencari orang lain yang memberikan pengakuan untuk mereka. 

Selain itu menurut Diana,  hubungan yang erat antara anggota keluarga juga diperlukan untuk menanggulangi kenakalan remaja. Hubungan yang erat menurutnya akan membuat anak memiliki nilai yang sesuai dengan nilai keluarganya. Dengan begitu, anak dapat membedakan mana yang baik dan buruk. 

“Anak itu harus keluar rumah dengan perasaan dicintai apa adanya dirumah. Selain itu anak memiliki relationship yang baik dengan orang-orang di rumah. Kalau perasaan itu full, dia merasakan hal itu, kemanapun dia pergi akan oke. Kalau dia merasa setiap orang mencintainya bersyarat, dimanapun dia akan berusaha mencari orang-orang yang akan mengakui dan mencintai dia,” katanya melalui telepon, Selasa (3/10/2023). 

Baca Juga: Enam Remaja Digelandang Warga saat Hendak Tawuran, Ternyata Pelajar Sekolah Ini

Karena itu menurut Diana, keluarga perlu mempererat hubungan antar anggota keluarga agar tercipta Menurutnya hubungan keluarga yang erat, maka diharapkan anak dapat memiliki nilai sesuai yang diajarkan tiap keluarga. Sehingga ketika anak bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas, dia dapat membedakan mana yang baik dan tidak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement