Advertisement

Pagi Ini Jalanan Kota Padat Merayap, Anak Sekolah Ikut Karnaval Budaya Rayakan HUT Jogja

Maya Herawati
Rabu, 04 Oktober 2023 - 09:07 WIB
Maya Herawati
Pagi Ini Jalanan Kota Padat Merayap, Anak Sekolah Ikut Karnaval Budaya Rayakan HUT Jogja Karnaval Budaya Pelajar oleh siswa SMP Negeri 6 Kota Jogja, merayakan HUT ke267 Kota Jogja, di Jalan AM Sangaji, Jogja, Rabu (4/10/2023). - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rabu (4/10/2023) pagi kondisi jalan raya di hampir seluruh Kota Jogja padat merayap. Sepanjang tepi jalan terlihat pawai beriringan anak-anak sekolah mengenakan beragam busana tradisional merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Kota Jogja.

Sepanjang berjalan kaki kelompok pelajar drumben memainkan musik riuh. Pelajar yang lain berteriak menyanyikan lagu-lagu daerah. Tampak keceriaan di wajah mereka. Acara hari ini menjadi bagian dari agenda perayaan HUT Kota Jogja yaitu karnaval budaya pelajar.

Advertisement

HUT ke-267 Kota Jogja jatuh pada 7 Oktober 2023, namun rangkaian perayaannya telah dimulai sejak 1 Oktober 2023. Tema tahun ini adalah Tatag, Teteg, Tutug yang bermakna konsistensi dalam menyambut pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

"Sosialisasi sudah kami gelar sampai ke bawah dari tingkat kemantren dan kelurahan. Acara kecil di setiap wilayah pasti ada dari inisiatif warga, sehingga memang kami harapkan HUT Jogja bisa dirasakan oleh seluruh elemen dan lapisan masyarakat," kata Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo, belum lama ini.

BACA JUGA: Ditutup Hari Ini! Penjual Masih Bisa Tarik Sisa Dana di TikTok Shop, Ini Caranya

Rangkaian acara peringatan HUT Kota Jogja ke-267 dimulai pada 1 Oktober dengan acara bersepeda bersama yaitu, Yogowes.

"Tanggal 2 Oktober bertepatan dengan hari batik nasional di PDIN digelar acara batik temanya batik hasta karya mewarnai dunia dengan sejumlah acara menarik," ujar Singgih.

Selanjutnya berturut-turut pada tanggal 2 hingga 5 Oktober digelar karnaval budaya pelajar dengan penyelenggara dari masing-masing kemantren dan Dinas Pendidikan Kota Jogja.

"Kemudian 4 Oktober ada kolaborasi Wayang Sawega di Malioboro berupa penampilan 100 dalang cilik dan penari serta pengrawit. Ini juga sebagai edukasi dan estafet ke seniman cilik di Jogja," kata Singgih.

Berikut ini foto-foto karnaval budaya pelajar pada hari ini merayakan HUT Kota Jogja di sepanjang Jalan AM Sangaji Kota Jogja: 

 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement