Advertisement

Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Gelar Niti Laku Jip Merapi, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Abdul Hamied Razak
Senin, 09 Oktober 2023 - 12:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Gelar Niti Laku Jip Merapi, Berikut Rangkaian Kegiatannya Wisatawan sedang menikmati wisata jip lava tour Merapi, Minggu (26/5/2019). - dok.Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) akan menggelar Niti Laku Jip Merapi pada tahun ini, Jumat (13/10/2023) hingga Minggu (15/10/2023). Kegiatan Niti Laku Jip Merapi ini untuk memperingati hari jadinya, AJWLM yang genap berusia sewindu.

Ketua AJWLM Daldiri mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan akan memeriahkan pelaksanaan Niti Laku Jip Merapi yang digelar akhir pekan ini. Ini untuk memeriahkan kegiatan hut AJWLM ke delapan atau sewindu. "Saat ini proses persiapan pelaksanaan kegiatan Niti Laku Jip Merapi terus dilakukan," katanya kepada Harian Jogja, Senin (9/10/2023).

Advertisement

Adapun pembukaan rangkaian kegiatan Niti Laku Jip Merapi, katanya, dimulai dengan Pentas Seni Jatilan Ngesti Rahayu pada Jumat (13/10/2023) di Lapangan Merapi Garden, Sidorejo, Umbulharjo, Cangkringan. "Pelaksanaannya dimulai pukul 19.00 WIB atau Jumat malam," katanya.

BACA JUGA: Sampai Agustus 2023, Pajak Usaha Jasa Pariwisata di Sleman Mencapai Rp228,54 Miliar

Kegiatan Niti Laku Jip Merapi, sambung Daldiri, dilanjutkan pada Sabtu (14/10/2023) dengan acara Kenduri Niti Laku AJWLM mulai pukul 08.00 WIB. Pada kegiatan ini, iringan jip wisata Merapi akan melakukan kirab dari destinasi wisat Tlogo Putri Kaliurang Hargobinangun Pakem hingga titik penghentian Bunker Kaliadem Umbulharjo Cangkringan.

"Kemudian, pada pukul 10.00 WIB di hari yang sama kami akan meresmikan jalan bersejarah, jalan Mbah Marijan di halaman Kalurahan Umbulharjo," katanya.

Rangkaian kegiatan Niti Laku Jip Merapi, sambung Daldiri juga dimeriahkan oleh pagelaran Wayang Kulit "Wayang Milenial Jakarta" dengan lakon Arjuno Kembar. Pagelaran ini menghadirkan dalang KRT Ki Gunarto Guno Tali Jendro dengan bintang tamu Den Baguse Ngarso.

Pagelaran wayang kulit akan dilaksanakan di Joglo Mbah Lurah Kopi Dialog, Balong, Umbulharjo, Cangkringan. Sebagai penutup rangkaian kegiatan, AJWLM menggelar Pentas Musik Dangdut OM New Savana di lapangan Boyong, Hargobinangun, Pakem pada Minggu (15/10/2023).

"Kenduri dan rangkaian Niti Laku Jip Merapi ini juga merupakan perwujudan rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Keberadaan Merapi membawa berkah bagi kami untuk tetap berkarya dan mencari rejeki melalui wisata jip lava tour Merapi. Kami tentu akan terus menjaganya,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.086 Hektare Lahan di IKN Bermasalah, AHY: Kami Komunikasikan dengan DPR

News
| Sabtu, 27 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement