Advertisement

Pameran Komik 2023 Digelar di Sangkring Art Space, Tampilkan Karya Menarik

Sunartono
Selasa, 10 Oktober 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Pameran Komik 2023 Digelar di Sangkring Art Space, Tampilkan Karya Menarik Pameran Yogyakarta Komik Week 2023 telah dibuka di Sangkring Art, Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Senin (9/10/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pameran Yogyakarta Komik Week 2023 telah dibuka di Sangkring Art Space, Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Senin (9/10/2023). Pameran yang akan berlangsung hingga 18 Oktober 2023 ini menampikan karya menarik dari para komikus profesional hingga pelajar.

Kurator Pameran Yogyakarta Komik Weeks 2023Terra Bajraghosa menyatakan pemeran tahun ini mengangkat tema Energi Juxtaposisi. Menggambarkan komik memiliki energi atau kekuatan yang memiliki dampak terhadap masyarakat. Selain itu menjadi kekuatan dan daya hidup kreator komik melalui karya seninya, berpindah dan menginspirasi kreator komik.

Advertisement

BACA JUGA : Peringati Hari Jadi ke-6, Grand Ambarukmo Hotel Gelar

"Pameran komik kali berusaha melihat komik sebagai sebuah energi yang berupa kekuatan dan daya hidup kreator komik yang melalui karya seninya,” kata dia dalam rilisnya, Senin.

Media sosial apapun versinya juga selalu digunakan oleh para pekomik untuk terus berkarya. Mulai dari mengumbar suasana humors, merespons peristiwa viral, hingga menyampaikan kritik sosial. Lembaga pemerintahan, swasta, hingga komunitas-komunitas menggunakan media komik untuk menyampaikan pesannya, baik melalui bentuk fisik buku, mural, hingga berupa tayangan web, atau bentuk unggahan di media sosial.

Kurator dari Mulyakarya, Danang Catur menambahkan selain komik karya komikus profesional, pameran saat ini juga menampilkan 30 karya dari pelajar SMA/SMK se DIY melalui program Kukuruyug #9. Secara khusus komik karya pelajara ini tentang 7 Unsur Kebudayaan DIY. Terdiri dari sistem religi dan upacara keagamaan, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian hidup, dan sistem teknologi dan peralatan hidup.

“Tujuh unsur kebudayaan itu adalah hal-hal yang selama ini melekat dan sudah dijalani turun temurun oleh masyarakat Jogjaa pada umumnya. Warisan maupun peninggalannya dapat kita lihat dan jumpai akrab di masyarakat seperti bangunan, tata laku, ritual, teknologi, dan kesenian,” katanya.

BACA JUGA : Bangkitkan Memori lewat Seni, SMAN 9 Jogja Bikin Pameran

Pameran ini dimulai pukul 10.00 - 19.00 WIB dengan menampilkan 25 seniman undangan dan 5 seniman opencall. Selain pameran, Yogyakarta Komik Weeks 2023 juga menampilkan berbagai acara diantaranya Seminar Komik, Pembacaan Komik dan Melodi Komik yang dilaksanakan pada14 Oktober pukul 14.00 - 19.00 WIB. Kemudian tanggal 15 Oktober pukul 14.00-17.00 WIB terdapat kegiatan Bincang Komik, Drama Komikal, Coswalk dan Cabaret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement