Advertisement

UGM dan BRIN Tanam Anggur di Taman Buah Orchard Wanadelim Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 11 Oktober 2023 - 09:37 WIB
Sunartono
UGM dan BRIN Tanam Anggur di Taman Buah Orchard Wanadelim Kulonprogo Manajer Kebun Orchard Wanadelima, Joko Triyono, sedang menunjukkan lahan tanaman anggur di Orchard Wanadelima, Padukuhan Pendem, Sidomuloyo, Pengasih pada Selasa (10/10/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Civitas akademik Universitas Gajah Mada (UGM) dan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lakukan penanaman perdana di Orchard Wanadelima, Padukuhan Pendem, Sidomuloyo, Pengasih, Kulonprogo. Orchard Wanadelima merupakan taman buah yang sedang dirancang menjadi pusat agroedu-wisata terbesar di Kabupaten Kulonprogo.

Manajer Kebun Orchard Wanadelima, Joko Triyono, mengatakan bahwa penanaman perdana di orchard Wandelima telah dilakukan pada Minggu (8/10/2023). Tanaman yang pertama kali ditanam adalah tanaman anggur. Pasalnya, anggur akan menjadi produk utama orchard Wanadelima yang ditawarkan kepada masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Asyik! Bakal Ada Taman Buah Terbesar di Kulonprogo

“Anggur di sini ada jenis sansekerta, gosbi, dan jenis lain yang punya nilai jual tinggi,” kata Joko ditemui di orchard Wanadelima, Selasa (10/10/2023).

Joko menambahkan pengembangan orchard Wanadelima mempunyai tujuan pemberdayaan masyarakat. Selain pekerja, taman buah tersebut akan mendorong ekonomi kerakyatan yang akan tumbuh di sekitarnya.

Dia menjelaskan pembangunan market atau pasar dari orchard Wanadelima akan menyasar pengunjung dan pasar-pasar sekitar di Kulonprogo. Joko mengaku tidak terlalu khawatir terkait pasar. Menurut dia, saat ini justru banyak masyarakat yang kembali ke pola hidup sehat dengan makan buah-buahan. Gerakan back to nature menjadikan landasan bagi pengembangan orchard Wanadelima.

Guru Besar dalam Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak UGM, Profesor Bambang Suwignyo, mengatakan bahwa wisata berbasis agro telah menjadi tren selama lima tahun terakhir.

“Dalam konteks pengembangan agro itu kita membicarakan sampling produksi. Bisa juga mengenalkan tanaman kepada masyarakat dan jelas edukasi dengan sasaran pelajar. Bagaimanapun kita ini negara agraris. Pelajar perlu mengenal buah yang mereka makan, gimana  produksinya,” kata Bambang.

Bambang menegaskan orchard Wanadelima akan berbeda dengan kebun buah Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Di orchard tersebut akan ditanam banyak jenis tanaman buah dan tanaman spesifik seperti alfalfa.

Peneliti BRIN, Profesor Widyatmoko, mengatakan orchard Wanadelima juga menjadi bentuk pemberdayaan warga sekitar. “Kita tahu warga sekitar juga masih tergolong miskin. Kami ingin hasil orchard juga bermanfaat bagi warga sekitar. Ketika panen raya misalnya, kami ajak warga membuat lapak di sekitar situ,” kata Widyatmoko.

BACA JUGA : Alumni UGM dan Pemkab Kulonprogo Kembangkan Pusat

Widyatmoko yang juga anggota Koperasi Wandelima berharap orchard Wanadelima dapat menjadi percontohan bagi budidaya buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengiriman Logistik MotoGP dari Mandalika ke Jepang Telah Selesai

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement