Advertisement

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Bantul Gencar Sosialisasi

Newswire
Selasa, 24 Oktober 2023 - 08:27 WIB
Ujang Hasanudin
Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Bantul Gencar Sosialisasi Ilustrasi Pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya sosialisasi pendidikan politik yang menaysar pelajar SMA dan mahasiswa.

"Jadi memang kami mengajak para pemilih pemula tentunya pelajar SMA, dan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan menjadi bagian dari proses demokrasi," kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bantul Mestri Widodo di Bantul, Senin (23/10/2023)

Advertisement

Salah satu upaya KPU Bantul dalam mengajak anak muda untuk berpartisipasi dalam Pemilu adalah dengan melibatkan pelajar SMA dan mahasiswa dalam Kirab Pemilu Tahun 2024 pada Senin (23/10) ini yang menjadi bagian dari tahapan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat.

Apalagi, kata dia, pada pesta demokrasi lima tahunan sebelumnya atau dalam Pemilu 2019, angka partisipasi pemilih atau yang menggunakan hak suara di TPS dari pemilih pemula di Bantul mencapai 90 persen.

"Tentu saja tujuan utamanya itu, karena terbukti Bantul di tahun 2019, partisipasi pemilih pemula di atas 80 persen untuk Pileg, dan Pilpres 90 persen, sehingga target kami adalah mempertahankan partisipasi, dan Kirab Pemilu ini bagian dari upaya tersebut," tuturnya.

Dia mengatakan, terlebih potensi pemilih pemula dalam Pemilu serentak 2024 di Bantul mencapai sekitar 43 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu.

BACA JUGA: Kirab, Sosialisasikan Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa

Lebih lanjut dia mengatakan, selain melalui Kirab Pemilu, berbagai sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat dan juga generasi muda akan terus digencarkan di masyarakat, dengan melibatkan jajaran KPU di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Selain itu, tentu giat giat sosialisasi yang dilakukan oleh teman-teman PPK/PPS (panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara) di tiap-tiap rukun tetangga (RT) wilayah masing masing," ujarnya.

Bahkan kata dia, sosialisasi pendidikan pemilih di tingkat RT terus digencarkan dengan harapan nantinya pendidikan politik termasuk agenda pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dapat tersampaikan ke semua masyarakat agar mereka pergi ke TPS untuk menyalurkan hak pilih.

"Nanti di bulan Oktober ini juga capaian kurang lebih 5.000 RT yang ada di Bantul sudah seratus persen tersosialisasikan. Jadi target kami sosialisasi oleh teman PPK/PPS itu dilakukan di tiap RT yang jumlahnya sekitar 5.000 RT," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement