Advertisement

Memetakan Potensi Gesekan Pemilu 2024, Pemkot Jogja Andalkan FKDM

Triyo Handoko
Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Memetakan Potensi Gesekan Pemilu 2024, Pemkot Jogja Andalkan FKDM Pejabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo saat mengisi penguatan anggota FKDM di Kemantren Pakualaman. - ist - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memetakan potensi gesekan akibat Pemilu 2024, Pemkot Jogja menggandeng Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Kehadiran FKDM di Kota Jogja sudah dibentuk hingga seluruh kelurahan.

Pemetaan gesekan di tengah masyarakat Jogja berlatar Pemilu 2024 ini dilakukan untuk meredam potensi konflik. Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menjelaskan FKDM memiliki peran strategis untuk memetakan dan mengantisipasi konflik selama Pemilu 2024.

Advertisement

"Forum ini seperti early warning system yang bisa diterapkan pada seluruh permasalahan di wilayah. Jadi keberadaan forum ini memang diharapkan bisa mendukung upaya antisipasi aksi kerusuhan dan konflik menjelang pemilu 2024 nanti,” jelas Singgih saat penguatan anggota dan sosialisasi FKDM Kota Jogja di Kemantren Pakualaman, Jogja, Selasa (24/10/2023).

Koordinasi dan integrasi sistem keamanan wilayah selama Pemilu 2024, jelas Singgih, perlu ditingkatkan dan melibatkan masyarakat. “Kita harus bisa menjaga komunikasi, hal ini bisa saja menimbulkan gesekan-gesekan adu argumentasi di wilayah. Oleh karena itu, kita harus bisa mendeteksi bibit-bibit yang bisa menimbulkan percikan perselisihan harus bisa diredam sedini mungkin,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sabtu Uji Coba, Trans Jogja Bisa Melawan Arus di Jalan Pasar Kembang Jogja

Sebelum konflik meluas, Singgih berharap FKDM dapat menanganinya dan menghentikan konflik yang ada. “Kalau bisa di tingkat RT atau RW selesai ya selesaikan. Kita harus bisa mengurai apabila terjadi perselisihan dari tingkat yang paling bawah agar tidak meluas,” terangnya.

Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman, Cahya Wijayanta menerangkan bahwa masyarakat Kemantren Pakualaman lewat FKDM berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan wilayahnya. “Tidak hanya menjaga kondusifitas jelang pemilu 2024 namun juga menjaga lingkungan tetap bersih dengan mengolah sampah rumah tangga,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (25/10/2023).

Ketertiban dan keamanan wilayah di Jogja, jelas Cahya, jadi kebutuhan bersama masyarakat Kota Jogja. “Ini kepentingan bersama, kalau wilayah tertib dan aman yang paling diuntungkan masyarakat luas, mau melakukan aktivitas keseharian jadi lebih nyaman. Maka mari dijaga bersama,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement