Advertisement

Satu Masjid Terdampak Tol di Sleman Kini Sudah Dipindah ke Lokasi Baru

Catur Dwi Janati
Kamis, 02 November 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Satu Masjid Terdampak Tol di Sleman Kini Sudah Dipindah ke Lokasi Baru Ilustrasi pekerja proyek jalan tol Jogja-Bawen melintas kawasan proyek di kalurahan Margodadi, Sleman, Kamis (24/8/2023). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Satu masjid terdampak tol Jogja-Solo di Parangan, Gayamharjo, Prambanan kini telah dibangun di lokasi yang baru.

Tak hanya telah mengantongi izin tukar menukar harta benda wakaf dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) DIY, masjid yang bernama Masjid Sa'ad Bin Waqos kini telah dibangun di tanah pengganti. 

Advertisement

"Kalau yang di Parangan malah sudah dibangun itu masjidnya yang di tempat baru," kata Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Kankemenag Sleman Sigit Purnomo, Kamis (2/11/2023). 

Lokasi baru Masjid Sa'ad Bin Waqos terbilang representatif, khususnya pada parameter letaknya. Pasalnya dalam proses ruislag tanah wakaf, tanah pengganti tidak hanya sama dalam segi ukuran, melainkan juga representatif letaknya. Karena bila terlalu jauh, manfaatnya akan sulit dirasakan warga terdahulu.  

"Masih di [padukuhan] sama. Rata-rata kan kita tidak terlalu jauh dari penggunanya  nanfi jemaahnya kasihan. Asli penikmatnya dulu kalau terlalu jauh jadi tidak bisa menggunakannya," tegasnya. 

BACA JUGA: Di Tirtoadi, Area Makam dan Masjid Terdampak Proyek Tol Jogja-YIA

Agar manfaat itu bisa dirasakan warga terdahulu, penggantian tanah pengganti biasanya diminta tidak jauh dari lokasi lama. "Jadi kita biasanya minta ya tidak jauh dari yang lokasi awal. Sehingga jemaah yang dulu menggunakan fasilitas itu bisa menikmati lagi fasilitas yang baru. Kan gitu salah satu kriterianya," ungkapnya. 

Selain Masjid Sa'ad Bin Waqos yang sudah dibangun di Gayamharjo, Prambanan, satu tanah wakaf terdampak tol lainnya juga menunjukan perkembangan. Musala Al Barokah di Pundong V, Tirtoadi yang juga terdampak tol Jogja-Solo disebut Sigit mulai masuk tahap diskusi pembangunan musala baru. "Perkembangan yang sudah agak maju yang Pundong V itu sudah membicarakan tentang pembuatan tempat ibadahnya," ungkapnya.

Pembicaraan sudah mengarah pada tahapan gambar desain musala yang baru. "Kemarin sudah diskusi sama nadirnya tentang pembangunan ini model gambarnya kemarin," tandasnya.  "Pendiskusian gambar sama pihak ketiga."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement