Advertisement

Peserta Saka Wirausaha Pramuka Diberi Pembekalan Lewat Perkemahan BizCamp

Newswire
Minggu, 05 November 2023 - 01:57 WIB
Sunartono
Peserta Saka Wirausaha Pramuka Diberi Pembekalan Lewat Perkemahan BizCamp Perkemahan BizCampSaka Wirausaha2023 digelar di Bumi Perkemahan Kampung Pramuka Pule Wulung, Turi, Sleman, pada Jumat (3/11/2023) hingga Minggu (5/11/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perkemahan BizCamp Saka Wirausaha 2023 digelar di Bumi Perkemahan Kampung Pramuka Pule Wulung, Turi, Sleman, pada Jumat (3/11/2023) hingga Minggu (5/11/2023). Kegiatan inkubasi bisnis bagi para pramuka ini berhasil menyeleksi sejumlah peserta yang diberikan pembekalan lewat perkemahan tersebut.

Dinas Koperasi UKM Provinsi DIY menginisiasi lahirnya Saka Wirausaha dari Gerakan Pramuka DIY  secara resmi di berdiri di pada 15 Juli 2023 dan telah dikukuhkan oleh Ketua Kwarda Provinsi DIY. Saka Wirausaha menyasar Pramuka Penegak dan Pandega. Inkubasi bisnis merupakan kegiatan pengembangan untuk program Saka Wirausaha yang bertujuan untuk menjadikan pramuka yang berwirausaha muda.

Advertisement

BACA JUGA : Keren .. Remaja Dari Jogja Ini Sabet Penghargaan Khusus Wirausaha Muda Mandiri 2018

“Dari 61 peserta di awal terseleksi 18 peserta diberikan pembekalan lanjut melalui perkemahan Bizcamp. Perkemahan ini merupakan rangkaian akhir dari program Pendidikan Inkubasi Bisnis Saka Wirausaha sampai akhirnya masuk dalam tahap pendampingan akhir,” kata Pimsaka Provinsi Saka Wirausaha, Wisnu Hermawan di sela-sela pembukaan Perkemahan BizCamp.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi berharap program Saka Wirausaha ini bukan sekedar seremonial dan tidak hanya sekadar terbentuk saja. Keberadaan Saka Wirausaha di lingkungan Pramuka di DIY harapannya memiliki fungsi mendorong wirausaha di kalangan pemuda. Karena para peserta yang terlibat telah melalui proses yang cukup panjang.

“Dari sini kita belajar, dari saka wirausaha akan membentuk sebuah komunitas para pemuda tergabung dalam Pramuka. Ini hanya awalan, setelah selesai kami tidak akan melepaskan begitu saja, harapannya bisa meneruskan pendampingan sehingga kolaborasi terus berjalan,” ujarnya.

Melalui saka wirausaha menjadi salah satu proses dan mitra pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan anak muda. “Jadi kalau lulus bisa menciptakan lapangan kerja, bisa merekrut, bisa mendampingi. Saya yakin ini akan menjadi salah satu keistimewaan di DIY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement