Advertisement

Kronologi Hilangnya Mahasiswa Teknik Kimia UPN Jogja Annisa, Sempat Tersesat dan Memblokir Kontak WA

Catur Dwi Janati
Selasa, 14 November 2023 - 20:27 WIB
Sunartono
Kronologi Hilangnya Mahasiswa Teknik Kimia UPN Jogja Annisa, Sempat Tersesat dan Memblokir Kontak WA Annisa Dewi Kartika Sari, mahasiswa UPN Veteran Jogja yang diduga hilang. - UPN Veteran.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Salah seorang mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jogjakarta (UPNYK) Annisa Dewi Kartika Sari, 18, diduga hilang dan belum diketahui keberadaannya. 

Sub Koordinator Humas dan kerja sama UPN Veteran Yogyakarta, Panji Dwi Ashrianto menjelaskan otoritas kampus sejak hari ini (14/11/2023) telah bekerja sama dengan Polda DIY untuk menelusuri keberadaan mahasiswa yang diduga hilang.

Advertisement

Selain itu menghimpun informasi dari sejumlah pihak hingga mengetahui kronologi kejadian sebelum Annisa diduga hilang. Di sini terkuak, 20 September 2023, Annisa masih mengikuti aktivitas kampus. Pada hari itu dia terlihat panik dan menangis di depan laboratorium lantaran tidak membawa laporan praktikum. "Namun yang bersangkutan masih diizinkan mengikuti praktikum," terang Panji. 

BACA JUGA : Mahasiswa Baru UPN Veteran Jogja Keracunan Massal saat Outbond

Sepekan kemudian, tepatnya 27 September 2023 Annisa juga masih terlihat di kampus untuk mengikuti kuliah Bela Negara. Namun waktu itu Annisa tidak mengumpulkan dua laporan praktikum dan tidak mengikuti kuliah Konsep Teknologi. Kegiatan ini menjadi momentum terakhir Annisa terdeteksi di kampus. "Kalau dari riwayat presensinya, terakhir di tanggal 27 September," terang Panji. 

Di hari yang sama, Annisa mengabarkan kepada rekannya jika ia tersesat di daerah Kulonprogo. "Ia menginformasikan kepada temannya bahwa dia tersesat hingga ke Wates," katanya.

Penelusuran aktivitas Annisa selanjutnya diketahui pada 2 November 2023. Di hari itu, Annisa terakhir diketahui membayar biaya indekos.

Selanjutnya pada 7 November 2023, Annisa menghubungi seorang teman untuk meminjam sejumlah uang. Tetapi Annisa tidak merespons ketika ditanya alasan peminjaman uang tersebut. Pesan ini menjadi momen terakhir Annisa melakukan komunikasi sebelum hilang kontak. 

Mulai hilang kontak, Annisa justru kedapatan terlihat di daerah Puluhdadi pada 11 November 2023. Sayangnya dia tidak menggubris panggilan temannya. "Tidak merespons ketika dipanggil," ungkap Panji.

Selepas kejadian itu Annisa justru keluar dari semua grup WhatsApp yang diikutinya hingga menblokir sejumlah kontak rekannya. "Ia meninggalkan semua grup WhatsApp dan memblokir nomor telepon beberapa rekan," katanya.

BACA JUGA : Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta Dituntut Jadi Pengusaha Muda

Terakhir pada 13 November 2023, kamar indekos Annisa ditemukan kosong saat diperiksa. Namun ada sisa makanan yang masih baru di tempat sampah.

Terkait dengan persoalan ini UPNYK mengimbau siapapun yang memiliki informasi terkait keberadaan Annisa untuk segera melapor kepada pihak berwenang atau universitas. "UPNYK berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan dalam pencarian ini mengingat kesejahteraan dan keamanan mahasiswa merupakan prioritas utama. Selanjutnya, UPNYK akan selalu memperbarui informasi tentang dugaan hilangnya Annisa pada akun IG @infoupnyk," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement