Advertisement

Tahun Depan, SMAN 8 Yogyakarta Rayakan HUT Emas, Ini Dia Rangkaian Kegiatannya

Media Digital
Rabu, 15 November 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Tahun Depan, SMAN 8 Yogyakarta Rayakan HUT Emas, Ini Dia Rangkaian Kegiatannya Suasana jumpa pers HUT Emas SMAN 8 Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Pada tahun depan, SMAN 8 Yogyakarta yang dikenal dengan Delayota (Delapan Yogyakarta) bakal merayakan Ulang Tahun ke-50. Rangkaian Perayaan HUT Emas itu mulai digelar akhir tahun ini hingga nanti puncaknya pada 7 Januari 2024.

"Alhamdulillah, tahun depan sekolah kami merayakan ulang tahun ke-50. HUT Emas ya. Sekaligus Lustrum X. Terima kasih kepada  para alumni atas peran dan kontribusinya dalam perayaan HUT nanti,” ucap Kepala SMAN 8 Yogyakarta Sri Suyatmi SPd, Rabu (15/11/2023).

Advertisement

Peringatan Ulang Tahun Emas SMAN 8 Yogyakarta tersebut digelar secara kolaboratif, mulai dari pihak sekolah, termasuk OSIS, serta dan Ikatan Alumni Pakci (Ikapakci).

Ketua Panitia HUT Emas Sigit E. Susilo menjelaskan, sebagai rangkaian dari HUT Emas Delayota, Ikapakci bakal menggelar event 5K Fun Run yang bertajuk Pakci Delayota- Run for Unity pada 3 Desember 2023 mendatang.

Event lari itu akan mengambil start dan finis di Stadion Mandala Krida, Jogja. "Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh 1.500 peserta baik dari kalangan umum maupun alumni SMAN 8 Yogyakarta,” kata Sigit.

Sementara puncak acara HUT Emas SMAN 8, yaitu Hari Alumni yang disebut dengan Panggung Sidobali akan digelar di Gor UNY, Minggu (7/1/2024) dengan mengambil tema Berkarya, Berbakti, Berbagi.

Kegiatan tersebut akan didahului oleh kirab seluruh alumni yang terbagi dalam 47 angkatan. Kemudian untuk sarana silaturahmi, akan ada tenda alumni masing-masing angkatan. Kegiatan ini juga diramaikan dengan pasar kuliner usaha para alumni dan pelaku UMKM.

Selain itu, Hari Alumni juga akan diisi dengan penganugerahan Alumni yang Menginspirasi; penyerahan secara simbolis masjid Baitul 'Ilmi yang dibangun alumni dengan biaya sekitar Rp2,3 miliar; serta peluncuran platform alumni bernama sidobali.com.

Sementara itu, Ketua Ikapakci, Brigjen Pol. (P) Drs. H. Sutrisno Untoro, Apt. mengungkapkan bahwa alumni turut memegang peranan penting dalam menunjang kinerja suatu almamater, meskipun sifatnya tidak selalu secara langsung.

Hubungan harmonis antara institusi alumni, dalam hal ini Ikapakci dengan kepala sekolah, para guru, pengelola sekolah dan juga pengurus OSIS, adalah kunci sukses bagaimana kita saling dukung. terutama dalam konteks pembangunan soft skill, misalnya dengan menambah pengalaman organisasi bagi siswa.

"Adik-adik siswa yang kini berada pada posisi generasi Z itu sangat kreatif lo. Dan yang membanggakan, mereka tidak saja bersemangat dalam hal pengembangan kecerdasan intelektual, namun juga dalam hal kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Buktinya, masjid yang dibangun oleh alumni itu selalu penuh aktivitas. Saya yakin itu bukan karena dipaksa guru, melainkan kesadaran mereka", ujar Sutrisno.

BACA JUGA: Alumni SMAN 8 Yogyakarta Sumbang Masjid ke Almamater

Khusus terkait dengan alumni, Sutrisno menuturkan, terdapat sejumlah alumni SMPP 10/SMAN 8 Yogyakarta yang berkiprah di sektor pemerintah maupun akademis.

Di antaranya adalah Jendral Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo (Kapolri sekarang), Dr. Andi A. Mallarangeng (Menpora Kabinet Indonesia Bersatu II), dan Mayjen TNI Muh. Nur Rahmad (Asisten Operasi Panglima TNI). Di sektor akademis, terdapat Prof. Dr. Catur Sugiyanto, M.A. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM), Prof. Dr. Ir. Ambar Pratiwiningrum, MSc. (Fak. Peternakan UGM), dan Prof. Dr. Istiningsih, MPd. (UIN Sunan Kalijaga).

Prestasi

Adapun, Kepala SMAN 8 Yogyakarta, Sri Suyatmi SPd., prestasi akademis SMAN 8 Yogyakarta dapat tergambar dari jumlah lulusan yang diterima di UGM, perguruan tinggi negeri lainnya, sekolah kedinasan, dan perguruan tinggi di luar negeri.

Pada 2021, ada 77,08% dari 288 lulusan yang diterima di keempat jenis perguruan tinggi tersebut. Sementara pada 2022 angkanya meningkat menjadi 80,21%, dan 2023 meningkat lagi menjadi 87,15%.

"Peningkatan yang signifikan ini adalah buah dari hasil kerja keras para guru dan tenaga kependidikan, strategi pembekalan siswa, dengan dukungan langsung maupun tidak langsung dari Komite Sekolah, dan alumni SMAN 8 Yogyakarta," ungkapnya.

Selain di bidang akademis, siswa SMAN 8 Yogyakarta juga memiliki segudang prestasi di bidang olah raga, seni, bahasa, sains, keagamaan, kewirausahaan, maupun keagamaan, baris berbaris, dan kepramukaan.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Slamet Nugroho menuturkan prestasi siswa SMAN 8 Yogyakarta dalam bidang olah raga mencakup basket, bulu tangkis, cheerleading, flag football (mirip American Football), baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional.

Slamet menuturkan, "Prestasi yang paling menonjol adalah taekwondo yang mencapai juara I Poomsae Beregu Junior Putra dalam Kejuaraan Nasional Wilaya 3 DIY Open pada 2023.”

Di bidang akademis, sains, dan bahasa, prestasi yang pernah dicapai di antaranya adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat provinsi dan nasional, Olimpiade Siswa Nasional, Olimpiade Sains Nasional bidang Ekonomi, Alih Aksara dalam kompetisi Bahasa dan Sastra tingkat provinsi, English Debate Competition, Festival Literasi Siswa Indonesia, Olimpiade Bahasa Inggris, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia.

Di bidang seni, misalnya adalah juara III nasional dalam Balinese Dance Competition, lomba 1 tari kreasi Tunggal tingkat nasional, dan lomba ‘Family Batik Pakualaman’. Untuk Paskibraka, pada tahun 2023 ini ada 1 siswa terpilih menjadi Paskibraka di tingkat nasional, 1 siswa tingkat provinsi, dan 8 siswa di tingkat Kotamadya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement