Advertisement

Harga Cabai Rawit di Sleman Makin Pedas, Disperindag Tak Bisa Intervensi

Jumali
Rabu, 15 November 2023 - 10:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Harga Cabai Rawit di Sleman Makin Pedas, Disperindag Tak Bisa Intervensi Salah satu pedagang menjual cabai rawit merah di Pasar Bantul, Selasa (7/11/2023)(Harian Jogja - Lugas Subarkah)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Harga cabai rawit baik hijau maupun merah di Sleman terus merangkak naik.

Harga cabai rawit hijau pada Rabu (15/11/2023) mencapai Rp68.375 per kilogram dan cabai rawit merah Rp74.250 per kilogram. Untuk cabai rawit hijau harga tersebut cenderung stabil dalam beberapa hari terakhir. Adapun harga cabai rawit hijau tertinggi hari ini ada di Pasar Gentan yang mencapai Rp70.000 perkilogram dan terendah di Pasar Prambanan senilai Rp62.000 per kilogram.

Advertisement

Sementara untuk harga cabai rawit merah Rp74.250 per kilogram naik Rp625 per kilogram dari harga sebelumya. Adapun cabai rawit merah tertinggi hari ini ada di Pasar Tempel mencapai Rp80.000 per kilogram sedankan terendah di Pasar Prambanan Rp62.000 per kilogram.

BACA JUGA: Harga Cabai Mahal, Warga Jogja Diminta Menanam di Rumah

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan, kenaikan cabai rawit baik hijau  maupun merah dipengaruhi oleh faktor musim. Di mana saat ini banyak tanaman cabai rusak karena kekeringan. Di samping itu kenaikan harga cabai juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan dan sedikitnya stok cabai rawit di pasaran.

"Kami sendiri hanya melakukan pemantauan dan tidak melakukan operasi pasar," katanya, Rabu (15/11/2023).

Diakui oleh Mae, stok cabai rawit yang ada di sejumlah pasar di Bumi Sembada tidak sepenuhnya berasal dari DIY. Justru cabai yang ada banyak berasal dari Jawa Timur.

"Cabai banyak dipasok dari Kediri, Jawa Timur. Kita juga ada lelang cabai yang peserta dari luar DIY. Kalau ketersediaan banyak, hanya saja banyak yang rusak, permintaan tidak turun," lanjutnya.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Kurnia Astuti mengatakan jika cabai rawit bukanlah kebutuhan bahan pokok. Saat ini sementara pihaknya mengamankan distribusi. "Yang penting dipastikan masih tersedia di pasar," paparnya.

Kenaikan harga cabai baik rawit hijau dan merah di Sleman sendiri mulai terjadi pada sebulan terakhir. Pada 19 Oktober 2023 harga cabai rawit hijau mencapai Rp35.000 dari harga sebelumnya Rp30.000 per kilogram. Sementara harga cabai rawit merah mulai naik pada 23 Oktober 2023 dari harga Rp45.000menjadi Rp50.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Mafia Tanah Sudah Berkurang, Ini Alasannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement