Advertisement

Merkuri di Tambang Emas Kulonprogo Tak Lagi Dipakai, Ini Bahan Penggantinya

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 17 November 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Merkuri di Tambang Emas Kulonprogo Tak Lagi Dipakai, Ini Bahan Penggantinya Ilustrasi tambang emas - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo bersama Pemerintah Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo, Kapanewon Kokap menggelar kampanye penghapusan merkuri pada praktik pertambangan emas skala kecil (PESK), Jumat (17/11/2023).

Kampanye tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) Kulonprogo No. 59/2022 tentang Perubahan atas Perbup Kulonprogo No. 18/2021 tentang Rencana Aksi Daerah Penghapusan Merkuri.

Advertisement

Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kulonprogo, Toni mengatakan kampanye tersebut dilakukan dengan pemasangan banner di 20 titik di dua kalurahan tersebut. Pasalnya, Kalurahan Kalirejo dan Hargorejo merupakan daerah yang memiliki wilayah pertambangan rakyat (WPR).

 “Penghapusan merkuri tidak bisa hanya diatasi Dinas Lingkungan Hidup tapi perlu kolaborasi. Hari ini kami mulai sosialisasi dengan tindak lanjut pemasangan banner dan poster mengenai pelarangan penggunaan merkuri di lebih 20 titik baik di Kalirejo maupun Hargorejo,” kata Toni ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2023).

BACA JUGA: Merkuri Tambang Emas Kokap Membahayakan, DLH Kulonprogo Siap Fasilitasi Pengolahan Limbah

Sementara Lurah Kalirejo, Lana, mengatakan penambang di wilayahnya sering mendapat pelatihan mengenai pengolahan emas menggunakan sianide atau sianidasi. Pelatihan berasal dari Pemkal setempat, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan UGM.  “Pekan lalu baru saja selesai pelatihan mengenai bagaimana menangkap biji emas dengan kandungan yang ada dengan menyinkronkan dengan sianida,” katanya. 

Jelasnya, saat ini para penambang dalam proses peralihan dari merkuri ke sianida. Dari lima koperasi baru ada dua yang telah menggunakan sianida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement