Advertisement

Cegah Gesekan Selama Kampanye Pemilu 2024, Polda DIY Bakal Kawal Pergerakan Massa

Yosef Leon
Rabu, 22 November 2023 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Cegah Gesekan Selama Kampanye Pemilu 2024, Polda DIY Bakal Kawal Pergerakan Massa Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan memberikan keterangan kepada wartawan tentang kesiapan personel kepolisian dalam mengamankan Pemilu 2024, Rabu (22/11 - 2023). (Email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polda DIY bakal mengawal pergerakan massa selama tahapan kampanye berlangsung guna mencegah timbulnya gesekan antar pendukung peserta Pemilu. Langkah ini dinilai mampu mewujudkan penyelenggaraan Pemilu di wilayah DIY berjalan aman dan kondusif. 

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menjelaskan, potensi kerawanan Pemilu diantisipasi dengan upaya-upaya preemtif dan juga preventif. "Preemtif kita imbau dan kita ajak diskusi dan sampaikan dengan baik. Beberapa laskar dan sayap partai yang sudah kami undang kami sudah sampaikan pentingnya menjaga situasi keamanan di Jogja," katanya, Rabu (22/11/2023). 

Advertisement

BACA JUGA: Tergiur Harga Cabai Tinggi, Warga Klaten Curi Tanaman Lombok di Sleman

Menurut Kapolda kondisi keamanan dan ketertiban Jogja tidak bisa ditawar-tawat lagi lantaran dampaknya langsung dirasakan sektor investasi dan industri baik itu pariwisata dan juga pendidikan. Oleh karenanya sangat penting menjaga situasi tetap berjalan dengan kondusif meskipun tahapan kampanye yang dinilai rawan berjalan. 

"Kemudian tindakan preventif kami ada penjagaan, pengawalan dan patroli. Itu kita lakukan, jadi kami patroli, kami beritahu kita akan patroli semuanya dikasih tahu. Baik itu ke KPU, semuanya kita patroli gudang dan logistik kita patrolikan," katanya. 

BACA JUGA: Soal Papua, Ini PR Jokowi kepada Panglima TNI Agus Subiyanto

Polda juga telah menawarkan kepada KPU setempat agar dalam pelaksanaan kampanye yang melibatkan banyak pendukung, Polda DIY siap melaksanakan pengawalan agar tidak menimbulkan insiden negatif.

"Ini kita tawarkan melalui KPU bahwa nanti pergerakan massanya kami kawal saja supaya tidak ketemu antar pendukung. Kita minta KPU jadwal kampanyenya supaya diatur dan tidak sampai bertemu. Itu kita lakukan terus menerus," ucapnya. 

Di sisi lain, Suwondo juga memastikan bahwa kesiapan personel kepolisian 100% dalam mengawal Pemilu agar berjalan aman dan nyaman. "Personel yang dikerahkan tergantung tahapannya, kalau sekarang ini yang kita siapkan ada 1.468. Kemudian nanti pada saat kampanye lain lagi untuk berjaga di TPS ada 4.232. Jadi tiap tahapan beda-beda," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Anwar Usman Kembali Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik

News
| Senin, 13 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement