Advertisement

BLT Cukai Tembakau Rp253,2 Juta Dibagikan kepada 211 Pekerja di Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 24 November 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
BLT Cukai Tembakau Rp253,2 Juta Dibagikan kepada 211 Pekerja di Jogja Kepala Dinsosnakertransi Jogja Maryustion Tonang (kanan) saat memberikan BLT cukai tembakau ke pekerja PT. Taru Martani. Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 211 pekerja di sektor tembakau di Kota Jogja mendapat bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total BLT itu sebesar Rp253,2 juta di mana masing-masing pekerja mendapat Rp1,2 juta.

Pemberian BLT kepada pekerja sektor tembakau ini dilakukan dalam dua tahap, dimana masing-masing tahapnya mendapat Rp600 juta. Pembagian itu dilakukan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja.

Advertisement

Kepala Dinsosnakertransi Jogja Maryustion Tonang menjelaskan seluruh penerima BLT cukai tembakau ini adalah pekerja PT. Taru Martani. “Karena di Kota Jogja hanya PT. Taru Martani yang bergerak di sektor tembakau di Kota Jogja,” jelasnya, Jumat (24/11/2023).

Maryustion menjelaskan pemberian BLT ini jadi tahun kedua dilaksankan. “Pertama dilakukan 2022 lalu, sekarang masih dilanjutkan. Lewat BLT ini jadi bukti peningkatan kesejahteraan pekerja di sektor tembakau,” ungkapnya.

BACA JUGA: Cegah Insiden, PSS Sleman Gelar Lokakarya Pertandingan Liga 1

Dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Jogja No.77/2022, jelas Maryustion, BLT cukai tembakau adalah bentuk implementasi peningkatan kesejahteraan masyarkat. “Dalam Perwal disebut bahwa untuk kesejahteraan sebanyak 50 persen, lalu sisanya untuk penegakan hukum 25% dan untuk peningkatan kesehatan sebanyak 25 persen juga,” katanya.

Sedangkan, Direktur PT Taru Martani Nur Achmad Affandi dalam rilisnya menyebut perusahannya menyumbang penerimaan negara melalui cukai sebanyak Rp9 miliar untuk Pemerintah Pusat dan Rp6 miliar untuk Pemda DIY. “Lewat BLT ini kami harap kesejahteraan karyawan kami makin terjaga dan jadi bukti nyata kami untuk terus memberikan yang terbaik ke pemerintah,” katanya.

Achmad berharap BLT ini terus dapat diselengarkaan agar para karyawannya terus bersemangat dalam bekerja dan meningkatkan produktivitas. “Semakin produktif smeakin banyak penerimaan negara yang diberikan, maka kami harap BLT ini jadi penyemangat bersama,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement