Advertisement

Tiga Hari ke Depan DIY Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Ujang Hasanudin
Kamis, 30 November 2023 - 06:27 WIB
Ujang Hasanudin
Tiga Hari ke Depan DIY Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah DIY. Potensi cuaca ini diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan dari 30 November hingga 2 Desember 2023.

Potensi cuaca tiga harian di DIY dirilis dalam laman resmi Stasiun Metrologi Yogyakarta, BMKG. Pada 30 November 2023, BMKG memprediksi berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Jogja, Sleman, Bantul bagian Utara dan Timur, Kulonprogo bagian Utara dan Gunungkidul bagian Utara

Advertisement

Demikian pada 1 Desember 2023 juga diprediksi berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Jogja Sleman, Bantul bagian Utara dan Timur Kulonprogo bagian Utara dan Gunungkidul bagian utara dan timur.

BACA JUGA: Musim Hujan Tiba, Pelaku wisata Air Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Kemudian pada 2 Desember 2023, "Berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian Utara dan Timur, Kulon Progo bagian Utara dan Gunungkidul bagian Utara," tulis BMKG seperti dikutip Harian Jogja, Kamis (30/11/2023)

BMKG merekomendasikan masyarakat agar berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sebelumnya, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas mengatakan musim hujan di DIY sudah dimulai pada dasarian atau sepuluh hari pertama November hingga Desember 2023 dasarian pertama.

Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Februari 2024. Sementara akhir musim hujan diprediksi terjadi pada dasarian III April 2024.

Hasil analisis BMKG menyebutkan bahwa pada Desember curah hujan berada di angka 201 mm sampai 400 mm per bulan dan Januari 200 mm sampai 400 mm per bulan. Angka ini termasuk menurun dibandingkan masa normal lantaran adanya dampak El Nino. "Di masa normal curah hujan DIY berada di angka sekitar 500 mm per bulan bahkan lebih pada bulan Desember," kata Reni kepada Harian Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement