Advertisement

Demi Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Pasar Murah Terus Digencarkan di Bantul

Lugas Subarkah
Kamis, 30 November 2023 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
Demi Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Pasar Murah Terus Digencarkan di Bantul Sejumlah warga membeli bahan pangan pokok dalam Pasar Pangan Murah di lapangan Ringinharjo, Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Selasa (28/11/2023) - Harian JOgja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul kembali menggelar Pasar Pangan Murah 2023 di sejumlah lokasi, salah satunya di lapangan Ringinharjo, Bantul, Selasa (28/11/2023). Kegiatan ini sebai upaya menstabilkan harga dan pasokan bahan pokok.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo, menjelaskan Pasar Pangan Murah sudah dilaksanakan di beberapa lokasi. “Pertama menyambut Hari Pangan Nasional, juga salah satu pengendali inflasi, juga mengoptimalkan [pengendalian] harga pangan,” katanya.

Advertisement

Dalam kegiatan ini, setiap lokasi mendapat jatah sebanyak 2 ton beras. Selain beras, dalam Pasar pangan Murah juga disediakan komoditas lain seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, bawang putih dan telur ayam. “Ada lima distributor,” ungkapnya.

Pasar Pangan Murah menjual bahan pokok dengan harga di bawah harga normal, seperti beras Bawana 5 kg Rp64.500, beras PHP 5 kg Rp51.000, gula pasir Maniskita 1 kg Rp14.500, minyak goreng Minyakita botol 1 liter Rp12.000, minyak goreng Mamamia 1 liter Rp14.500, bawang merah 1 kg Rp14.500, bawang putih 1 kg Rp34.000 dan sebagainya.

“Harga di bawah pasaran. Yang jelas pemerintah membantu di transportasinya. Anggarannya ada yang dari APBD [Anggaran Pendapatan Belanja Daerah] ada yang dari APBN [Anggaran Pendapatan Belanja Negara]. Ini rutin setiap tahun, cuma volumenya berbeda-beda,” ujarnya.

BACA JUGA: Harga Kebutuhan Pokok Masih Meroket, Pemkab Bantul Gelar Pasar Murah hingga Desember 2023

Lurah Ringinharjo, Sulistiyo Atmaji, menuturkan warga sangat antusias dengan adanya Pasar Pangan Murah. Hal ini terlihat dengan langsung habisnya bahan pokok yang dijual. “Banyak warga yang hadir dari mulai pagi sampai jam sebelum selesai. Targetnya jam 12.00, tapi jam 10.00 sudah habis,” katanya.

Ia berharap kegiatan semacam ini dapat membantu warga Ringinharjo untuk mendapat bahan pangan pokok di tengah harga pasaran yang saat ini sedang tinggi. “Tujuan utamanya untuk menjaga inflasi dan mengontrol harga di pasar umum,” kata dia.

Diperkirakan ada sekitar 2.000 warga yang mengakses Pasar Pangan Murah di lapangan Ringinharjo ini. Adapun distributor yang terlibat yakni Bulog, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), KT. Ngudi Makmur, UD. Sumber Telur Jaya dan Gapoktan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement