Advertisement

Prakiraan Cuaca: Mayoritas Daerah Diguyur Hujan, Termasuk Jogja

Newswire
Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Prakiraan Cuaca: Mayoritas Daerah Diguyur Hujan, Termasuk Jogja Hujan gerimis / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas wilayah di Indonesia bakal diguyur hujan dengan intensitas berbeda pada Sabtu (2/12/2023).

BMKG melalui situs resmi di Jakarta, Sabtu, memprakirakan hujan ringan bakal terjadi di Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, dan Makassar.

Advertisement

Adapun hujan dengan intensitas sedang diprakirakan bakal terjadi di Bandung, Jayapura, Manado, Palembang, serta Medan.

BACA JUGA : Tiga Hari ke Depan DIY Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Adapun sejumlah daerah seperti Mataram, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Banjarmasin, Pontianak, Surabaya, Semarang, dan Banda Aceh diprakirakan bakal diguyur hujan dengan disertai petir.

Meski demikian, terdapat pula beberapa daerah yang diprakirakan tidak diguyur hujan seperti Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Kupang serta Mamuju yang diprakirakan berawan.

Kemudian BMKG juga memprakirakan cuaca cerah berawan akan meliputi sejumlah daerah seperti Bengkulu, Tarakan, Bandar Lampung, dan Kendari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, diantaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

"MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Firli Bahuri Tak Kunjung Ditahan, Ini Penjelasan Mabes Polri

News
| Senin, 04 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement