Advertisement

Pasar Murah di Alkid, Cabai Rp5 Ribu per Ons Habis Diserbu Warga

Alfi Annisa Karin
Selasa, 05 Desember 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Pasar Murah di Alkid, Cabai Rp5 Ribu per Ons Habis Diserbu Warga Gelaran pasar murah di Sasana Hinggil Alun-Alun Kidul, Selasa (5/12/2023). - Harianjogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY kembali menggelar pasar murah di Sasana Hinggil Alun-Alun Kidul (Alkid), Selasa (5/12/2023). Berbagai komoditas pangan dijual dengan harga murah dan di bawah harga pasar, di antaranya gula, minyak goreng, beras, dan tepung dengan total berat mencapai 10,5 ton.

Berbeda pada gelaran pasar murah lainnya, kali ini Disperindag DIY turut menghadirkan distributor cabai.

Advertisement

Fungsional Pengawas Perdagangan Disperindag DIY, Sabar Santosa menuturkan cabai dibanderol dengan harga terjangkau. Jauh dari harga pasaran. Cabai juga ludes dalam waktu singkat diburu pembeli. "Cabai harga per onsnya Rp5.000. Tadi juga laris manis banyak yang beli," ujarnya saat ditemui di Sasana Hinggil, Selasa.

Sabar mengatakan masyarakat bisa mendapatkan cabai seharga Rp50.000 per kg. Padahal di pasaran saja harga cabai telah mencapai Rp70.000 per kg hingga Rp80.000 per kg.

Tak hanya itu, komoditas lainnya juga dibanderol dengan harga terjangkau. Misalnya, minyak goreng seharga Rp15.000, sementara di pasar dibanderol Rp17.000. Pun dengan gula pasir yang dibanderol dengan harga Rp14.000 per kg, sementara di pasar harganya telah mencapai Rp15.000 per kg. "Lebih murah karena kan ini harga langsung dari distributor. Harga distributor sudah murah, ditambah lagi dengan adanya subsidi distribusi, jadi lebih murah lagi," imbuhnya.

BACA JUGA: Catat! Ini Jadwal Pasar Murah di Sleman pada Bulan Desember

Sabar menyebut pasar murah telah digelar sejak Oktober secara bergantian. Ini dilaksanakan untuk menekan angka inflasi di DIY.

Selain itu, juga untuk memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di tengah masyarakat. Apalagi, menjelang Natal dan libur akhir tahun, harga kebutuhan pokok seringkali meningkat. "Harapannya silahkan dimanfaatkan seluas-luasnya dan semaksimal mungkin mumpung harga murah, barangnya ada, silahkan," ungkapnya.

Pasar murah selanjutnya juga akan dilaksanakan pada beberapa hari ke depan. Tepatnya pada 7 Desember di Imogiri, 9 Desember di Klitren, serta 11 dan 12 Desember di Kantor Disperindag DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Memastikan Upacara 17 Agustus di IKN Sudah Dirancang Detail

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement