Advertisement

Uji Kelayakan Bus, Garasi PO di Sleman Didatangi Petugas, Begini Hasilnya

Jumali
Selasa, 05 Desember 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Uji Kelayakan Bus, Garasi PO di Sleman Didatangi Petugas, Begini Hasilnya Petugas saat melakukan Ramp Check di Garasi PO Prayogo, Sleman, Selasa (5/12/2023) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman bersama dengan Dishub DIY, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III DIY menggelar ramp check terhadap bus pariwisata jelang libur Natal dan akhir tahun, Selasa (5/12/2023).

Pada pengecekan di tiga garasi perusahaan otobus (PO) di Sleman, tidak ditemukan bus yang tidak layak jalan. "Berdasarkan hasil ramp check yang kami gelar di tiga garasi PO berbeda, tidak ada bus yang tidak layak jalan. Di PO Prayogo ada tujuh bus kami uji, di PO Alfa Omega Transport ada tiga bus kami uji dan di PO Putra Remaja ada dua bus kami uji. Hasilnya semua memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta administrasi operasional masih berlaku semua," kata Staf BPTD Kelas III DIY Karsi, Selasa (5/12/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Jelang Liburan Nataru, Dishub Bantul Gelar Ramp Check Bus sampai Perahu

Menurut Karsi, ramp check penting dilakukan untuk memastikan bus pariwisata di DIY layak dan aman jelang libur Natal dan akhir tahun. Pihaknya tidak ingin ada kejadian kecelakaan yang disebabkan karena ketidak layakan bus pada Nataru 2024. "Kami tidak ingin terjadi lagi peristiwa seperti di Bukit Bego [Bantul] beberapa waktu lalu,” katanya.

Kepala Dishub Sleman Arip Pramana mengatakan pengecekan ramp check meliputi kelengkapan administratif seperti lampiran hasil uji KIR dan SIM milik pengemudi. Fisik bus seperti rem, lampu, speedometer, wiper, dan alat pemukul kaca juga dicek. Karena itu bagian dari safety kalau terjadi sesuatu bisa digunakan. "Dan, ini dilakukan sesuai instruksi dari Kemenhub untuk menindaklanjuti jelang libur Nataru,” lanjut Arip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement