Advertisement

Persiapan Libur Nataru, Dishub Sleman Pasang 345 Lampu Jalan

Triyo Handoko
Selasa, 12 Desember 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Persiapan Libur Nataru, Dishub Sleman Pasang 345 Lampu Jalan Penerangan Jalan Umum / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna mempersiapkan lalu lintas menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Sleman, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) di 345 titik Jalan Kabupaten di wilayah Sleman.

Penambahan lampu di 345 titik itu dilakukan untuk memastikan penerangan jalan bekerja dengan baik dan mengantisipasi kecelakaan atau tindakan kriminal lain saat libur Nataru. “Sudah kami pasang semua, sudah bekerja dengan baik juga. Agar meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama Nataru ini,” kata Kepala Dishub Sleman, Arip Pramana, Selasa (12/12/2023).

Advertisement

Arip menyebut penambahan lampu juga dilakukan di jalan yang berstatus nasional dan provinsi. Seperti di Ring Road Utara dan Ring Road Barat yang masuk wilayah Sleman. “Di Ring Road itu dilakukan penambahan lampu juga yang dilakukan BPTD, kami juga koordinasikan bersama,” terangnya.

Penambahan lampu juga dilakukan di beberapa titik underpass, seperti di Kentungan. “Agar lebih jelas supaya meminimalisir kecelakaan,” tegas Arip.

Selain menambah lampu penerangan jalan, jelas Arip, Dishub Sleman juga melakukan langkah lain agar keamanan dan kenyamanan selama Nataru dapat terjaga, terutama di kawasan wisata. “Di kawasan wisata nanti kami siapkan petugas lapangannya agar dapat melakukan pantuan langsung,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Libur Nataru, Dishub Perbaiki LPJU Rusak

Arip menegaskan soal tarif parkir selama libur Nataru di kawasan wisata di Sleman menggunakan tarif yang sama, sehingga jika ada yang memanfaatkan momen ini untuk menaikan harga akan ditindaknya. “Tarifnya tetap sama di kawasan wisata, motor parkirnya Rp2 ribu, mobil Rp5 ribu, lalu bus Rp10 ribu, sudah kami sosialisasikan juga ke pengelola wisata,” ungkapnya.

Dishub Sleman, jelas Arip, juga akan menampung keluhan-keluhan selama Nataru nanti. “Ada call centernya jika ada keluhan, nanti akan kami tindaklanjuti, misalnya ada parkir nuthuk harga pasti akan kami tindak,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement