Advertisement

Ular Piton Sepanjang 2 Meter Makan Ayam di Kasihan Bantul

Lugas Subarkah
Rabu, 13 Desember 2023 - 11:37 WIB
Ujang Hasanudin
Ular Piton Sepanjang 2 Meter Makan Ayam di Kasihan Bantul Petugas Pemadam Kebakaran Bantul mengrvakuasi ilar piton dari kandang ayam warga di Kalurahan Ngestiharjo, Kasihan, Rabu (13/12/2023). - ist BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ular piton sepanjang 2 meter ditemukan warga sedang makan dua ekor anak ayam di sebuah kandang ayam, di Gumuk Indah RT 14, Kalurahan Ngestiharjo, Kasihan, Rabu (13/12/2023). Ular berhasil dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran Bantul.

Kabid Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto, menjelaskan ular piton tersebut pertama kali ditemukan oleh pemilik kandang ayam, Pardi, pukul 05.30 WIB, ketika hendak memberi makan ayam.

Advertisement

Bapak Pardi hendak memberi makan ayam peliharaannya di belakang rumah, tiba- tiba melihat seekor ular piton yang sudah memakan dua ekor ayam kecil milik Bapak Pardi. Karena takut membahayakan, keluarga bapak Pardi melapor ke BPBD Bantul untuk membantu mengevakuasi,” ujarnya.

Evakuasi ular dilakukan oleh empat personel Pemadam Kebakaran Bantul, menggunakan peralatan sarung tangan dan penjepit ular. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Kerugian materi dan korban jiwa atau luka nihil,” kata dia.

BACA JUGA: BPBD Bantul Sudah Evakuasi 200 Lebih Ular di Rumah Warga Tahun Ini

Setelah berhasil dievakuasi, ular tersebut kemudian dibawa ke markas BPBD Bantul untuk selanjutnya akan dilepas di tempat yang aman. “Tentunya di lokasi yang jauh dari pemukiman warga,” ungkapnya.

Kasus serupa juga pernah terjadi belum lama ini, tepatnya pada Senin (4/12/2023) lalu di Kalurahan Baturetno, Banguntapan. Seekor ular sanca sepanjang 2 meter ditemukan sedang makan ayam di sebuah kandang ayam milik warga. Ular ini juga sudah dievakuasi Pemadam Kebakaran Bantul.

Ular yang masuk ke kandang ayam tersebut karena mengikuti sumber makanannya. Ia mengimbau masyarakat yang menemukan ular di sekitar rumahnya agar melapor ke BPBD Bantul untuk evakuasi. Pelaporan bisa melalui call center 112 atau Whatsapp 02746462100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Tegaskan Serangan Darat Israel ke Rafah Tak Dapat Ditoleransi

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement