Advertisement

BPBD Bantul Sudah Evakuasi 200 Lebih Ular di Rumah Warga Tahun Ini

Lugas Subarkah
Kamis, 23 November 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
BPBD Bantul Sudah Evakuasi 200 Lebih Ular di Rumah Warga Tahun Ini Petugas BPBD Bantul mengevakuasi ular yang masuk dalam rumah, Kamis (23/11/2023) - Istimewa/BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengevakuasi dua ular yang masuk ke dalam kamar rumah warga di dua lokasi berbeda, Kamis (23/11). Selama 2023, sudah ada 224 ular dievakuasi oleh petugas BPBD melalui Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD Bantul, Irawan Kurnianto menjelaskan evakuasi ular pertama pada Kamis, ada di Sonosewu, Kalurahan Ngestiharjo, Kasihan. Ular tersebut ditemukan merambat di tempat tidur sekitar pukul 08.00 WIB.

Advertisement

“Ketika pelapor sedang istirahat di kamar kos nya, pelapor melihat ular merambat di tempat tidurnya. Lalu karena takut, pelapor menghubungi BPBD Bantul. Tidak ada kerugian materi dan korban jiwa, ular berhasil ditangkap oleh empat personel,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis.

Evakuasi ular kedua dilakukan di Kalurahan Wonocatur, Banguntapan, pukul 09.30 WIB. “Saat pemilik rumah sedang membersihkan kamar melihat ada ular berwarna hijau, karena takut langsung melapor ke Pusdalops Bantul,” katanya.

Dalam evakuasi ini sebanyak lima personel terlibat, dengan menggunakan peralatan APD Lengkap, sarung tangan dan stik ular. Ular yang dievakuasi tersebut berukuran kecil, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi dalam kejadian ini.

BACA JUGA: Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul

Kedua ular yang dievakuasi tersebut masing-masing berjenis sanca di lokasi pertama dan ular hijau di lokasi kedua. Setelah dievakuasi, ular dilepas kembali di tempat yang aman dari permukiman. “Ularnya dilepas kembali,” ungkapnya.

Sepanjang 2023, Damkar Bantul telah mengevakuasi total sebanyak 868 binatang, dengan rincian tawon 511 penanganan, ular 224 penanganan, kucing 53 penanganan, biawak 61 penanganan, burung 10 penanganan, ulat tiga penanganan, sapi satu penanganan, anjing dua penanganan, katak, kambing dan musang masing-masing satu penanganan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Pemasangan Eskalator, Per 6 Mei 2024 Perjalanan Kereta Tujuan Pasar Senin Berhenti di Jatinegara

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement